4,5 Kg Sabu Dibakar di Rupbasan Makassar

  • Whatsapp
4,5 Kg Sabu Dibakar di Rupbasan Makassar

4,5 Kg Sabu Dibakar di Rupbasan Makassar

MAKASSAR, UPEKS — Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, musnahkan sejumlah barang bukti dari berbagai  hasil kejahatan di Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Makassar, di Jalan Salemba, Kamis  (2/7/20).

Bacaan Lainnya

Barang bukti dimusnahkan dengan cara di bakar milik pemusnahan BNNP Sulsel itu diantaranya, sabu 4,5  kilogram, ganja 2 kilogram dan ratusan butir ekstasi.

Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Nurni Farahyanti mengatakan, barang bukti yang di musnakan telah  berkekuatan hukum tetap atau inkrah di Pengadilan Negeri Makassar. Barang bukti ini adalah perkara dari tahun  2019 -2020.

“Barang bukti sudah berkekuatan hukum yang tetap. Barang bukti ini juga dari berbagai aksi kejahatan seperti  narkotika, obat-obatan keras, dan tindak pidana lainnya,” kata Nurni dalam acara pemusnahan barang bukti.

Dia menerangkan, barang bukti yang dilakukan pemusnahan ini diantaranya 4,5 kilogram sabu, 2 kilogram ganja,  446 butir ekstasi, 57 buah alat hisap sabu, 51 timbangan sabu, dan 64 korek gas. Untuk alat kesehatan seperti Koji  Acic, Vitamin C, Infus, Glutation, Selan infus, spoit sebanyak 128 dan ribuan obat-obatan.

“Barang bukti kejahatan jalanan, seperti anak panah busur, parang, badik, papporo, dan sajam lainnya, juga kami musnahkan,” terang mantan Kajari Bone ini.

Barang bukti yang dimusnahkan ini lanjut Nurni, merupakan kejahatan berbagai kasus. Dan untuk narkotika,  sebanyak 620 kasus, orang dan harta benda sebanyak 240 kasus, dan tindak pidana umum lainnya sebanyak 128  kasus.

“Untuk pemusnahan narkoba yang mana dulu dengan cara manual yang di larutkan ke dalam air, sekarang  dengan meminjam alat dari BNN. Alhamdulillah barang bukti sabu di musnakan dengan cara dibakar dengan alat  yang sesuai standart itu,” lanjutnya.

Pemusnahan barang sitaan itu disaksikan turut dihadiri oleh Karupbasan Arifuddin, Kabid Pemberantas BNNP  Sulsel Kombes Pol Agustinus Sollu, Kasi Barang Bukti dan rampasan Kejari Makassar Rosdiana HK, Pemeriksa  Kejari Makassar Pingkan W Gerungan, Kasubag Pembinaan Kejari Andi Arli muchtar dan Kasi Pidum Kejari
Makassar Ulfadrian mandalani. (Jay)

Pos terkait