SULAWESI SELATAN

Alat Pemotong Padi Minim,  Petani Panen Manual

LUTRA, Upeks.co.id –  Kondisi air yang masih merendam sawah petani di Kecamatan Sabbang Selatan di Desa Dandang karena tingginya curah hujan belum lama ini di Kabupaten Luwu Utara, membuat lahan padi petani tergenang air luapan sungai. Meski demikian, petani tetap memanen padinya, karena kondisi padi yang sudah masak.

“Petani tetap bisa panen, karena padinya sudah tinggi-tinggi, walaupun lahannya terendam air,” kata Kepala pemerintahan Kecamatan Sabbang Selatan, Fatmawati Beddu pada media ini, Senin (6/5/19).

Tanaman padi yang batangnya tidak terendam oleh air hingga ke atas masih bisa dipanen dengan manual.

“Kalau sekarang kan tidak, padinya tidak sampai ke atas, dan memang sudah masuk musim panen, jadi bisa di panen,” terangnya, seraya menambahkan susahnya mendapatkan alat pemotong padi karena serentaknya panen raya di Sidrap, Luwu Raya,” tuturnya.

Hosting Unlimited Indonesia

“Cara memanen padi dengan kondisi air di sawah, petani mengalasnya dengan terpal, lalu hasil panen tersebut diletakan ke dalam terpal tersebut. Hal itu dilakukan supaya hasil yang dipanen tidak terkena air yang menggenangi lahan,” ungkap Atto’ petani di dusun Panfalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan.

“Kan terpal itu di air mengapung, jadi petani berinisiatif terpal itu dijadikan perahu, supaya bisa memanen padi mereka,” sebutnya.

Namun lanjutnya, akibat sebagian padi ada yang terendam, tidak menutup kemungkinan bisa mengurangi kualitas beras. Selain itu, kualitas beras di musim hujan bisa lebih rendah dari kondisi normal, karena bisa menyebabkan lembab dan merusak gabah.

“Alat pemanen yakni Combane kurang, sehingga kami memanen padi kami secara manual, jadi dengan kondisi musim hujan sekarang, gabah tidak terlalu kering dan bisa merusak kualitasnya,” jelas Atto’.

Sekedar diketahui Pemerintah Kecamatan telah mengumpulkan para penyuluh dan BPP Sabbang Selatan untuk membicarakan alat pemotong padi yang kurang masuk di desa, itupun milik pemerintah hanya 19 combane melayani Luwu Utara, dan juga panen raya kali ini bertepatan dengan panen raya di Sidrap.(yustus)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top