SULAWESI SELATAN

40 UMKM Bimtek Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan

BANTAENG, UPEKS,co.id-Sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)Bantaeng mengikuti Bimbingan teknis (Bimtek) harga pokok Produksi dan harga pokok penjualan bagi UMKM.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama UPTD.Pusat layanan usaha terpadu (PLUT)-KUMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng dengan BNI Bulukumba,di Aula Kantor Baznas Bantaeng,Kamis(2/5/2019).

Bimtek ini didasari dengan banyaknya pelaku UMKM yang belum mempunyai pencatatan keuangan. Dengan adanya pencatatan keuangan UMKM juga dapat menentukan harga pokok produksinya, karena kebanyakan dari UMKM yang ada di Kabupaten Bantaeng tidak mengetahui harga pokok produksi (modal yang digunakan dalam produksi) sehingga UMKM sering merasa rugi dalam pelaksanaan produksi, kata Fakhruddin Maula.

“Mengenai harga pokok penjualan UMKM Bantaeng juga belum memiliki sedangkan manfaat dengan adanya pencatatan harga pokok penjualan UMKM dapat menargetkan pendapatan penjualan setiap bulannya”,jelas dia.

Hosting Unlimited Indonesia

Menurutnya,bimtek ini bertujuan agar UMKM Kabupaten Bantaeng dapat menerapkan pencatatan keuangan khususnya perhitungan harga pokok produksi dan penjualan sehingga usaha yang di jalankan dapat diukur.

Selain itu,dengan adanya materi dari pihak BNI,UMKM juga di berikan pengetahuan dasar mengenai platform kredit khususnya KUR yang sering digunakan UMKM,jelasnya.

Ditambahkan,dia berharap dengan adanya Bimtek ini diharapkan para UMKM dapat mengaplikasikan materi yang diberikan,karena materi ini merupakan urat nadi dari proses produksi produk UMKM,jelas dia.

Sementara itu,BNI Bulukumba berharap UMKM Bantaeng bisa lebih berkembang dan lebih kreatif. Dan BNI Bulukumba sangat mensuffort full usaha-usaha UMKM dan memberikan fasilitas fasilitas baik itu fasilitas Kredit KUR maupun agen 46 sebagai tambahan penghasilan bagi pelaku UMKM di Bantaeng,jelas Faried Apriansyah.

Kegiatan ini dihadiri Rudy Naswin staf tata usaha UPTD.PLUT Bantaeng yang sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Turut hadir Fakhruddin Maula konsultan produksi PLUT Bantaeng,faried Apriansyah BNI Bulukumba,Pemimpin Cabang BNI Bantaeng Rahmat Rosandy dan Supervisor bidang KUR BNI Bulukumba Yonathan.(IPA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top