ANEKA

UMKM Bantaeng Bimtek Standarisasi Bahan Baku dan Peralatan Produksi

BANTAENG,UPEKS.co.id—Sebanyak 40 orang peserta terdiri dari Usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek)  standarisasi bahan baku dan peralatan produksi bagi UMKM.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama UPTD.Pusat layanan usaha terpadu (PLUT)-KUMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng
dengan BNI Cabang Bulukumba,di KPN Beringin Bantaeng, Senin(15/4/2019).

Dirga Ali Imran, Koordinator Konsultan PLUT Bantaeng mengatakan, Perjanjian kerjasama Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dengan Kementerian
BUMN untuk program Rumah Kreatif yang bersinergi dengan UPTD PLUT Kabupaten Bantaeng dalam implementasi misi bersama untuk menumbuh  kembangkan potensi masyarakat dalam berwirausaha dengan tujuan UMKM naik kelas.

Program ini di inisiasi mulai tahun 2017 dan RKB operasional tahun 2018.Lanjutnya,Sampai sekarang RKB telah melakukan kegiatan 9 bimtek dimana tiap  tiap dari materinya berdasarkan analisa kebutuhan makro UMKM di Kabupaten Bantaeng, jelas dia.

Ditambahkan,untuk bimtek terbaru ini dengam judul Standarisasi Bahan baku dan peralatan oroduksi bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap para  pelaku UMKM terkait dasar penyedapan standar operasional produksi yang baik dan benar,jelasnya.

Pada kegiatan ini juga RKB dan PLUT menginisiasi kerjasama Dekranasda dan PKK.Kabupaten Bantaeng.Dimana Bupati selaku ketua Dekranasda di undang  untuk menghadiri kegiatan ini selaku observer dan pemateri kegiatan.

Selain itu,Andi Muhammad Yusuf selaku pemimpin cabang BNI Bulukumba yang merupakan mitra pemda sebagai provider RKB juga menghadiri kegiatan ini  sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan fungsi RKB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembinaan kewirausahaan, tuturnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Sementara itu, Ibu ketua Dekranasda Bantaeng yang juga ketua TP. PKK Bantaeng Sri Dewi Yanti Ilham memberikan arahan untuk pengembangan produk lokal  terutama untuk olahan pangan.

Selain itu,dia juga menyinggung terkait pengadaan seragam sekolah gratis agar memberdayakan penjahit dari Bantaeng sendiri karena yang hadir pada kegiatan  bimtek ini juga dari UMKM yang bergerak pada bidang konveksi dari berbagai kecamatan yang ada di Bantaeng, pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Bantaeng Ir Meyriyani Majid,dengan memperhatikan bahan baku yang baik dan peralatan  produksi yang steril maka UMKM itu bisa menghasilkan produk yang berkualitas sehingga produk bisa diterima lebih baik oleh para konsumen.

Selain itu,juga mengatakan yang hadir pada bimtek ini adalah UMKM yang baru dan UMKM yang lama,sehingga kita berharap agar UMKM yang baru bisa  memahami tentang bagaimana menjadi wirausahawan yang baik. Selanjutnya, UMKM yang lama bisa memberikan sharing pembelajaran kepada UMKM yang  baru. Lalu memotivasi UMKM untuk menumbuh kembangkan usahanya,jelas Meyriyani.

Lanjutnya,kehadiran Ibu Bupati Bantaeng sangat mendukung sekali selain kehadirannya sebagai ketua TP. PKK juga sebagai ibu ketua Dekranasda  Bantaeng,dimana Dekranasda ini juga mempromosi terkait dengan produk produk UMKM yang ada di Bantaeng sehingga dukungan Bupati itu sangat  diharapkan untuk pengembangan UMKM yang ada di Bantaeng agar UMKM Bantaeng bisa naik kelas,tuturnya.

Turut hadir pada Bimtek ini,Ibu ketua Dekranasda Bantaeng Sri Dewi Yanti Ilham,Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Bantaeng Ir Meyriyani  Majid,Pemimpin Cabang BNI Bulukumba Andi Muhammad Yusuf dan Dirga Ali Imran koordinator Konsultan PLUT Bantaeng.

Juga dihadiri, Fakhruddin Maula,SE konsultan produksi PLUT Bantaeng serta Rudy Naswin staf tata usaha UPTD.PLUT Bantaeng. (IPA).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top