EDUKASI BUDAYA

Mahasiswa P2K FKIP Unismuh Makassar  Gelar Workshop PTK 

SIDRAP, UPEKS.co.id — Mahasiswa Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, melakukan kegiatan Workshop Penelitian Tindakan Kelas di Aula SKPD Kabupaten Sidenreng Rappang, Jumat-Ahad (05-07 April 2019)

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan dihadiri oleh 215 guru-guru yang dari berbagai sekolah di Kabupaten Sidrap. Ini juga merupakan kegiatan kerja sama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap dengan mahasiswa P2K yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan guru-guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap Nurkanaah, mengatakan kegiatan seperti tersebut sangat bermanfaat bagi guru-guru untuk pengembangan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran karena tujuan utama dalam kegiatan ini adalah bagaimana memberikan bekal kepada guru-guru untuk melihat permasalahan yang dihadapi siswa didalam kelas.

Untuk itu, kata dia melalui kegiatan tersebut guru bisa mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas.

Hosting Unlimited Indonesia

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan workshop yang dilakukan Mahasiswa P2K FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar dapat memberikan manfaat untuk guru terutama yang mau penaikan pangkat nantinya”.

Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar,  Erwin Akib mengungkapkan kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk guru-guru dalam proses pengembangan kemampuan dirinya.

Melalui PTK guru, kata Erwin guru akan lebih banyak memperoleh pengalaman tentang praktik pembelajaran secara efektif.

“Dengan kata lain, tujuan utama PTK adalah mengembangkan katerampilan proses pembelajaran. PTK sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap pembelajaran yang menjadi tugas utamanya sehingga tujuan akhir dari PTK adalah menciptakan guru yang profesional,”

Workshop PTK ini juga melibatkan beberapa dosen Universitas Muhammadiyah Makassar, termasuk Bapak Dr. Khaeruddin, S.Pd., M.Pd selaku Ketua LP2AI Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai pemateri.

“Mewakili teman-teman mahasiswa P2K yang ada di Sidrap mengucapkan terimakasih banyak kepada dinas pendidikan dan pimpinan kampus yang telah memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan workshop ini,” ungkap Erwin. (Rasak)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top