MAKASSAR CITY

Kanwil DBJC Sulsel Sita Kayu Ilegal di Perairan Selayar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Operasi Patroli Laut Terpadu Jaring Wallancea 2019 Satgas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), menyita kayu ilegal di Perairan Selayar, Minggu (21/4/19).

Kayu ilegal itu disita pihak Kanwil DJBC Sulsel di BKO Kapal Patroli BC 30003 (PSO Pantoloan). Kayu jenis Merbau itu disita diatas Kapal KLM Arjuna Putra 04 dari Kepulauan Sula, Maluku Utara tujuan Bira Kabupaten Bulukumba.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulbagsel, Tri Wikanto mengatakan, kayu ilegal itu ditangkap di Perairan Selayar Sulawesi Selatan dengan titik koordinat 05°39’51’S/120°55’33″T.

Tri Wikanto menerangkan, Kayu Merbau berjumlah 978 keping atau sekitar 70,0425 M3 (Kubik). Kayu itu diperkirakan senilai Rp 7.600.000/ kubik dengan jumlah secara keseluruhan Rp 532.323.000.

Hosting Unlimited Indonesia

“Setelah dicek, memang tidak memiliki dokumen dari Dinas Lingkungan Hidup. Pihaknya juga telah koordinasi dengan Dinas Kehutanan terkait penemuan kayu ilegal tersebut, ” terang Tri Wikanto, Senin (22/4/19).

Tri Wikanto menjelaskan, saat kapal tersebut ditangkap dinahkodai oleh lelaki berinisial H beserta ABK Kapal tersebut 6 orang. Kayu yang disita diatas kapal itu diduga tanpa dilengkapi dengan dokumen pengangkutan antar pulau dan asal usul kayu yang dipersyaratkan.

“Kita sudah serah terimakan kepada Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi, “jelas Tri Wikanto didampingi Kabid Penindakan dan Penyidikan BEA Cukai, Arie Papiano dan Kasi Penindakan I BEA Cukai, Arief Yoga.

Menurut Tri Wikanto, pengungkapan kasus itu berkat kerjasama dan koordinasi dengan pihak terkait. Seperti TNI AL, KLHK dan pihak lainnya.

“Olehnya itu kami juga minta agar kasus ini di kawal supaya ada proses hukum yang jelas. Supaya ditahu proses hukumnya seperti apa, ” tutupnya.(Jay)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top