SULAWESI SELATAN

Tana Toraja, Upeks.co.id — Pelaksanaan pemilu serentak semakin dekat, sebagai wujud kesiapan Kepolisian dalam pelaksanaan pemilu, Polres Tana Toraja menggelar simulasi Sistem pengamanan Kota (Sispamkota)  dalam rangka mengantisipasi, menanggulangi serta mengendalikan gangguan kamtibmas dalam bentuk massal  khususnya mengantisipasi unjuk rasa anarkis pada saat tahapan Pemilu.

Hosting Unlimited Indonesia

Simulasi tersebut berlangsung di Plaza Kolam Makale pada pukul 08.00 wita. Terlihat antusias personil Polres Tana Toraja bersama personil TNI dalam melaksanakan simulasi tersebut. Sabtu (6/4/2019).
Kegiatan simulasi tersebut dihadiri oleh Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait. SH,. S.IK. didampingi oleh wakapolres Tana Toraja KOMPOL Jacob Lobo. SH,. MH. Beserta personil TNI Yang ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut.
Dalam kegiatan simulasi tersebut diperagakan adanya Penghadangan distribusi kotak Suara   oleh sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil pelaksanaan Pemilu yang berlanjut pada tindakan anarkis sehingga Kapolres Tana Toraja memerintahkan personil untuk mengambil tindakan tegas dengan pelibatan Ton Dalmas,  Tim Tindak pidana serta bantuan pengamanan dari aparat TNI.
Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait, SH., S. Ik Polda mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu 2019 kita mempunyai tugas yang sangat berat karena pelaksanaan Pilpres dan Pileg dilaksanakan secara serentak dan berpotensi menimbulkan kerawanan yang sangat tinggi khususnya pada saat distribusi surat dan kotak suara, pemungutan serta penetapan hasil Pemilu 2019 dan pasca pelaksanaan Pemilu itu sendiri.
Kapolres Tana Toraja juga mengatakan untuk mewujudkan kesiapan dan profesionalisme personil maka diperlukan latihan, salah satunya adalah Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), ini merupakan bentuk latihan ketika situasi keamanan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menjadi tidak kondusif (anarkis massa), dampak dari Pemilu 2019 maka diperlukan penanganan yang sesuai dengan Undang-undang dan protap yang berlaku.
“Dalam menghadapi massa anarkis, saya berpesan kepada seluruh personil yang terlibat dalam latihan ini, ikuti instruksi yang ada kapan saatnya tim negosiator melakukan negoisasi, kapan saatnya tim Dalmas awal masuk, kapan saatnya lintas ganti dan melakukan formasi serta kapan saatnya permintaan bantuan TNI sesuai dengan Nota Kesepahaman antara Polri dengan TNI dimana TNI membantu tugas Polri dalam menghadapi rusuh massa,” ucapnya.
Dan tak lupa Kapolres menghimbau kepada seluruh personil untuk tetap mejaga kesehatan karena pelaksanaan pemilu semakin dekat, supaya dalam pelaksanaannya dapat berjalan aman dan dan terselenggara secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil.
“Tetap jaga kesehatan dan tetap semangat karena pelaksanaan Pemilu tinggal beberapa hari lagi, agar pelaksanaan pemilu nanti dapat berjalan sesuai yang kita inginkan.” Himbau Kapolres.
Pelaksanaan Simulasi Pengamanan Pemilu dan Sispamkota juga dihadiri oleh Personil Dandim 1414 Tana Toraja diwakili oleh Pasi Ops, Danramil Makale serta personil dari Satpol PP Tana Toraja.(Anton)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top