Rakor Kepegawaian Kanwil Kemenag Sulbar, Muh Tonang Sebut Sinkronisasi dan Komitmen Pelaksanaan

Rakor Kepegawaian Kanwil Kemenag Sulbar, Muh Tonang Sebut Sinkronisasi dan Komitmen Pelaksanaan

 

Makassar, Upeks– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muh. Tonang mendapat kehormatan diundang memberi sambutan pada acara pembukaan rapat koordinasi (Rakor) Kepegawaian lingkup Kanwil Kemenag Sulawesi Barat (Sulbar) di Hotel Claro Makassar, Selasa 28 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Dihadapan 90 orang peserta yang mengikuti Rakor ini, Kakanwil Muh. Tonang merasa menghadiri sebuah acara reuni karena dipertemukan kembali dengan rekan semasa di bangku kuliah, maupun dengan rekan kerja di awal ia terangkat menjadi ASN.

“Saya sangat bahagia. Ini seperti reuni. Setelah sekian tahun akhirnya dipertemukan kembali dengan rekan-rekan saat kuliah dulu di UIN. Juga bertemu dengan rekan kerja semasa Sulbar dan Sulsel masih menyatu,” ucapnya menyebut satu persatu pejabat eselon tiga Kemenag Sulbar yang ia kenal.

Pada kesempatan ini, Muh. Tonang mengatakan bahwa pelaksanaan Rekor di luar wilayah kerja itu dapat menghadirkan kenyamanan, kegembiraan dan kebahagiaan tersendiri.

“Kegiatan ini tentu bisa saja bapak ibu laksanakan di Mamuju, Majene atau Polman. Namun kadang kita butuh suasana baru sehingga kita merasa lebih nyaman, gembira dan tentu ada suatu kebahagiaan tersendiri jika dilaksanakan di tempat lain, seperti di Makassar ini, dan itu bisa menghadirkan ide dan inspirasi baru bagi kita,” ungkapnya.

Untuk Sulsel sendiri, kata dia, kegiatan rakor seperti ini sudah dilaksanakan tidak lama setelah Rakernas di Semarang beberapa waktu lalu, yaitu di bulan Februari.

“Kami di Kanwil Sulsel sudah melaksanakannya. Tentu melalui kegiatan ini kita melakukan dan menyusun sinkronisasi program, terutama kaitannya dengan komitmen pelaksanaan program, dan lebih khusus lagi kaitanya dengan perkin (perjanjian kinerja,” sebut Muh. Tonang.

Ditambahkan bahwa melalui Rakor ini pula, dapat dilakukan review dari penyusunan program itu sendiri sehingga benar-benar tepat pada substansinya, khususnya sekaitan dengan 7 program prioritas Kementerian Agama.

Diketahui, sejak menjabat selaku Kakanwil Kemenag Sulsel, Muh. Tonang telah beberapa kali mengumpulkan para Kepala Bidang, Pembimas dan para Ketua Tim untuk membahas secara khusus singkronisasi program agar sejalan dengan Perjanjian Kinerja yang telah diteken bersama.

Diinformasikan, Rakor yang digelar oleh Kanwil Kemenag Sulbar ini menghadirkan Kepala Biro Ortala Kemenag RI, Dr.H. Nurudin selaku Narasumber. Hadir pula Plt. Kakanwil Kemenag Sulbar, H. Syamsul bersama para pejabat eselon tiga lingkup Kanwil Kemenag Sulbar dan para Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota se-Sulbar. (rls)