Ini Prediksi Nurani Strategic Terkait Komposisi Paslon di Pilwali Makassar

Ini Prediksi Nurani Strategic Terkait Komposisi Paslon di Pilwali Makassar

 

Makassar, Upeks.co.id — Lembaga Riset dan Konsultan Politik, Nurani Strategic Consulting, mengeluarkan prediksi mengenai komposisi dan peta pasangan calon jelang Pilwali Makassar, 27 November 2024.

Bacaan Lainnya

Lembaga yang berbasis di Makassar ini menyebut komposisi paslon memungkinkan tiga paslon dan maksimal empat paslon. “Paling banyak empat paslon dan mungkin hanya tiga paslon. Jika melihat pola pendekatan masing-masing kandidat, maka sudah bisa terlihat kemungkinan pola pasangan yang akan ke KPU, akhir Agustus ini,” kata Direktur Nurani Strategic Consulting, Dr. Nurmal Idrus, MM, di Makassar, Rabu 29 Mei 2024.

Menurutnya, akan ada tiga atau empat partai yang akan menjadi pemimpin koalisi. “Nasdem dengan koalisinya, Golkar, Gerindra dan PDIP dengan koalisinya. Perolehan kursi yang merata di DPRD Makassar membuat dukungan terpolarisasi karena meski hanya dua partai yang bergabung bisa menciptakan pasangan calon,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nurmal menyebut sejumlah nama kandidat yang bakal dijagokan koalisi itu. ” Nasdem lebih condong dengan Rusdin Abdullah dengan kemungkinan pasangan Irwan Adnan yang akan membawa PAN. Seto Asapa dari Gerindra kemungkinan berkoalisi dengan PKB dan mendapatkan Azhar Arsyad sebagai wakil. Lalu ada Munafri Arifuddin dari Golkar yang kemungkinan akan mengambil Indira yang dicalonkan PDIP,” jelasnya.

Namun, Nurmal memberi catatan, jika kemudian Munafri tak mengambil Indira karena istri walikota Makassar ini memilih maju sebagai Calon Walikota, maka kemungkinan akan ada tambahan komposisi calon. “Indira sebagai 01 dengan pilihan wakil walikota yaitu Rahman Pina, Rahman Bando atau Amri Rasyid,” tukasnya. (rls)