Kesan Pertama Jajal Mobil Listrik Mungil Wuling Air ev

Kesan Pertama Jajal Mobil Listrik Mungil Wuling Air ev

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Wuling Air ev merupakan mobil listrik mungil yang tak hanya berpenampilan imut tapi juga bertenaga kuat.

Hal itu dikatakan Nugroho, salah satu peserta Wuling DriveXperience yang digelar Wuling Motors (Wuling) bersama PT Kumala Cemerlang Abadi (Wuling Kumala Group) pada 8 dan 9 November 2023.

Bacaan Lainnya
 

Nuge sapaan karibnya mengaku senang mengendarai mobil listrik berpenampilan imut tersebut. “Ini pertama kalinya saya mengendarai mobil listrik. Ternyata nyaman sekali dipakai,” katanya, Kamis (09/11/2023).

Awalnya, Nuge ragu mengendarai mobil listrik itu karena banyak jalanan menanjak arah ke Malino. “Ternyata pas berkendara di jalanan menanjak terasa sangat nyaman dan tidak ada kendala,” bebernya.

Hebatnya lagi, kata Nuge, Wuling Air ev varian Long Range yang dikendarainya dari Makassar – Malino – Makassar dengan jarak tempuh 127 Kilometer sangat irit.

“Baterai awal saat di Makassar itu 100 persen, lalu Pulang Pergi (Makassar – Malino – Makassar) baterainya hanya terpakai 53 persen,” ungkapnya.

“Kalau menggunakan bahan bakar, paling tidak harus merogoh kocek sekitar Rp250 ribu untuk Pulang Pergi, tapi dengan menggunakan mobil listrik (Wuling Air ev-red), biaya yang dikeluarkan hanya Rp24.050,0 saja,” imbuhnya.

PR Manager Wuling Motors, Brian Gomgom menyampaikan bahwa Wuling Air ev varian Long Range memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh yang mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Selama perjalan Makassar – Malino – Makassar ini, tiga unit varian Long Range menghabiskan daya yang berbeda.

Ada yang mengkonsumsi 15,75 kWh atau rata-rata 8,06 kilometer per kWh. Kemudian, ada yang mengkonsumsi 14,15 kWh atau rata-rata 8,97 kilometer per kWh.

Serta juga ada yang mengkonsumsi 12,55 kWh atau rata-rata 10,12 kilometer per kWh.

Sementara itu, Sales Manager Wuling Kumala Group, Irwan Muddin mengungkapkan bahwa saat ini Wuling sedang menyediakan tempat pengecasan di Makassar dan sekitarnya.

Untuk totalnya kurang lebih 20 tempat titik. Mulai dari kantor Gubernur, Walikota, Dinas dan Mal. Selain itu, juga ada di daerah-daerah seperti kantor Bupati Takalar – Jeneponto dan kantor Bupati Maros – Pangkep.

“Alhamdulliah, pak Bupati Maros merespon baik dan menyiapkan tempat di PTB Maros,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyasar di rest area Tahu Sumedang, Pangkep. “Tahu Sumedang ini kan rest area, jadi bisa sambil makan juga sambil mengecas. Kini sisa tunggu izinnya saja untuk pemasangan EV,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Wuling Motors (Wuling) bersama PT Kumala Cemerlang Abadi (Wuling Kumala Group) menggelar Wuling DriveXperience pada 8 dan 9 November 2023.

Kegiatan yang berlangsung dalam 2 gelombang ini melibatkan total 18 media yang berasal dari Makassar, Kendari, Palu dan Manado untuk menjelajah rute Makassar – Malino – Makassar bersama 3 Unit Wuling Air ev varian Long Range.

Area Sales Manager Wuling Kumala Group, Dyal Riswanto dalam sambutannya mengatakan, Wuling DriveXperience merupakan ajang berbagi pengalaman berkendara ramah lingkungan.

“Kami berharap kesempatan ini dapat berkesan dan menjawab rasa penasaran rekan media di Sulawesi akan mobilitas bersama mobil listrik terlaris di Tanah Air,” ujarnya. (*)

Pos terkait