Bandeng Day Cooking Competition

30 Koki Handal Adu Masak Bandeng di Claro

30 Koki Handal Adu Masak Bandeng di Claro

MAKASSAR, Upeks.co.id — Mereka begitu cekatan. Terampil. Dan lincah. Memotong, meniris, dan meramu bumbu. Memang bahan dasar yang dimasak sama. Tetapi karena pesertanya 30 koki. Maka tidak butuh waktu lama aneka jenis masakan terhidang. Dan siap dicicipi.

Begitulah susana event Bandeng day cooking competition yang digelar PHRI Sulsel; meriah, heboh.

Bacaan Lainnya
 

Yah, lomba ini memang diinisiasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berkolaborasi dengan IHGMA dan ICA, di Hotel Claro Makassar, Kamis (9/11/23).

Hanya dari satu bahan yaitu ikan bandeng mampu disulap dengan 30 menu berbeda.

Seperti bandeng almon honey mustard dari Dalton Hotel, sup pallumara fine dining style dari The Rinra dan roll milk fish with seeweed in palmar sauce dari Hotel Claro.

Event ini juga sekaligus mendukung sebagaimana tag line Kota Makassar sebagai Kota makan enak.

Ketua Panitia Event Bandeng day Cooking Competition Makmur mengatakan, dari banyaknya jumlah peserta hanya 30 peserta yang disaring untuk dipertandingkan.

“Pesertanya kita sekarang 30, itu berbeda-beda, ada dari hotel, UMKM, dan juga Restoran, Cafe dengan Cathering se-Sulsel,” katanya

Adapun kata dia, tiga juri disiapkan dalam event tersebut, masing-masing juri berasal dari setiap asosiasi yang menginisiasi kegiatan.

“Jurinya masing-masing dari PHRI, IHGMA, dan ICA,” ungkapnya.

Lanjut Makmur, adapun beberapa penilaian yang dilakukan oleh para juri dengan melihat waktu pembuatannya.

“Satu timingnya pasti, kebersihan, terus dia punya kreativitas, tingkat kesulitan, rasa, temanya, dan platingnya kesesuaian warnanya ininya semua,” jelasnya.

Ketua BPD ICA Sulsel Chef Ramli Hajar mengatakan, kegiatan ini memberikan kesempatan untik para Chef mengeksplor kelebihannya.

“Jadi sekarang ini kelihatan bahwa ternyata bandeng bisa dibuat 30 macam jenis makanan, ini kalau pesertanya 60 bisa jadi 60,” katanya.

Apalagi, kata Chef Ramli, ada beberapa kontestan yang sudah pernah bekerja di luar negeri.

“Bandeng itu dia bisa dibuat western atau ala-ala barat di mixing,” ujarnya.

Olehnya, ikan bandeng yang khas dengan makanan Sulsel ini bisa diolah menjadi beberapa masakan.

“Jadi bandeng yang tadinya ini kita makan di rumah makan atau di rumah sendiri, sekarang bisa jadi fun dining dengan adanya chef-chef yang handal yang membuat racikan bandeng ini,” jelasnya.(*)