Pemkab Takalar dan Pertamina Gelar Operasi Pasar

Pemkab Takalar dan Pertamina Gelar Operasi Pasar

Takalar, Upeks.co.id — Pemerintah Kabupaten Takalar bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menggelar Pasar Murah, di Kecamatan Galaesong Utara, Kabupaten Takalar, 24 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Takalar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Forkopimda Kabupaten Takalar dan Sales Branch Manager Rayon III Sulselbar Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi.

Bacaan Lainnya
 

Sales Branch Manager III Sulselbar, Avip Noor Yulian mengatakan operasi pasar ini dilaksanakan karena adanya permintaan masyarakat yang meningkat di wilayah Kabupaten Takalar.

Khususnya kata dia, banyak petani menggunakan LPG 3 sebagai bahan bakar dalam mengairi lahannya dan juga nelayan dalam mengoperasikan kapalnya yang kemudian dievaluasi dan ditindaklanjuti oleh Pemkab Takalar.

 “Kami melakukan kegiatan ini telah berkoordinasi dengan Pemkab Takalar dan disampaikan melalui surat permintaan kepada kami untuk menggelar operasi pasar. Diharapkan dengan adanya operasi pasar ini masyarakat bisa memakai LPG sesuai peruntukannya dan sesuai dengan kebutuhannya sehingga kondisi bisa normal kembali,” terang dia.

Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad mengucapkan apresiasinya kepada Pertamina. “Kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan dalam kegiatan operasi pasar ini, tentunya tidak lepas dari kerjasama antara Pertamina dan juga stakeholder terkait, semoga kegiatan operasi pasar ini dapat bermanfaat untuk masyarakat yang berhak menikmati LPG 3 Kg yg selama ini dirasa harganya tinggi di tingkat pengecer,” ujar dia.

Dia menambahkan, jika pihaknya juga telah meninjau beberapa pangkalan LPG 3 Kg dan per hari ini sudah tidak ada antrian, serta situasi berangsur kondusif.

Marni masyarakat yang ikut membeli LPG 3 Kg dalam kegiatan operasi pasar menyampaikan rasa syukurnya

 “Alhamdulillah kami bisa beli LPG 3 Kg ini dengan harga yang sama dengan di pangkalan, dan kami merasa senang dan sangat terbantu,” imbuhnya.

Seperti diketahui bahwa LPG 3 kg merupakan barang subsidi yang diperuntukkan bagi konsumen rumah tangga, usaha mikro, petani sasaran, dan nelayan sasaran sehingga perlu pengawasan dari banyak pihak dalam pendistribusiannya.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyampaikan kegiatan operasi pasar ini menunjukkan sinergitas dengan stakeholder terkait dalam rangka memenuhi kebutuhan LPG 3 Kg di masyarakat

 “Kegiatan pasar murah hari ini adalah lanjutan dari yang kemarin telah didistribusikan sebanyak 560 tabung untuk Kecamatan Galesong dan hari ini kita tambah lagi 560 tabung LPG 3 Kg untuk kecamatan Galesong Utara. Pasar murah ini bertujuan untuk memberi akses yang lebih mudah kepada masyarakat dalam mendapatkan LPG 3 Kg sesuai dengan Hrga Eceran Tertinggi (HET),” ujarnya.

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menghimbau masyarakat agar bijak dan tidak melakukan pembelian secara berlebih serta tidak meniagakan kembali LPG 3 kg ini.

 “Bagi sektor kuliner restoran dengan kelas menengah keatas, usaha pertanian dan nelayan yg belum mendapatkan konversi LPG dari Pemerintah, usaha peternakan ayam, usaha laundry hingga rumah tangga mampu silakan menggunakan LPG Non Subsidi 5,5 Kg dan 12 Kg  yang tersedia di gerai terdekat,”kuncinya. (Mim)