HPSN 2023, Sekda : Semoga Ini dapat Tingkatkan Kesadaran Kita dalam Pengolahan Sampah

HPSN 2023, Sekda : Semoga Ini dapat Tingkatkan Kesadaran Kita dalam Pengolahan Sampah

SOPPENG,UPEKS.co.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng melaksanakan rencana aksi dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng, Makmur Herial mengatakan tema pada peringatan HPSN tahun 2023 ini “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Bacaan Lainnya

Dengan tema ini mengingatkan kita tentang adanya potensi nilai ekonomi yang dimiliki oleh sampah bila dikelola dengan baik melalui kegiatan pemilihan sampah dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang sehingga dapat bernilai ekonomi.

Kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah serta memantapkan komitmen Pemerintah Kabupaten Soppeng dalam aksi nyata penurunan emisi gas rumah kaca.

“Yang ikut terlibat dari segenap pegawai pemerintah Kabupaten Soppeng, instansi vertikal pemerintah, BUMN/BUMD, Badan Usaha Milik Swasta, pemerhati lingkungan dan masyarakat Kabupaten Soppeng,” kata Makmur, Jumat, 10 Februari 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, Tenri Sessu dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tahunnya sebagai momentum agar kita semakin baik dalam mengelola sampah dan mampu meningkatkan kepedulian dan komitmen kita bersama untuk menyikapi sampah dengan lebih baik.

Pelaksanaan rencana aksi ini menitikberatkan pada pengelolaan sampah dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca 41% yang menjadi target nasional.

“Pengolahan sampah adalah kewajiban kita bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta meningkatkan kerjasama dalam upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan mengingat pentingnya arti kegiatan ini,” jelas Tenri Sessu.

Untuk itu, Sekda Soppeng menghimbau agar seluruh SKPD para Camat serta seluruh Lurah dan kepala desa untuk masing-masing melakukan kegiatan aksi peduli sampah dan melaporkan aksi tersebut.

“Semoga momentum peringatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita semua terhadap pengolahan sampah,” tandasnya. (*)