Stafsus Menag RI Buka Pospeda IX, 891 Santri Berebut yang Terbaik

Stafsus Menag RI Buka Pospeda IX, 891 Santri Berebut yang Terbaik

Stafsus Menag RI Buka Pospeda IX, 891 Santri Berebut yang Terbaik

Makassar, Upeks.co.id — Staf Khusus (Stafsus) Menteri Agama RI Nuruzzaman, membuka Pekan Olahraga Seni Daerah Pondok Pesantren (Pospeda) IX 2022, di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Jumat (14/10/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Nuruzzaman mengatakan bahwa Pondok Pesantren lahir dari para ulama sehingga para santri didik untuk memiliki pengetahuan dan akhlakul karimah.

” Pospeda ini merupakan bentuk Silaturahmi untuk membangun kebersamaan Pondok Pesantren se Sulsel,” ujarnya.

Kegiatan Pospeda diikuti peserta dari santri Pondok Pesantren yang berada di 24 Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan.

Santri yang bersaing menjadi yang terbaik sebanyak 891 orang. Terdiri 475 orang berlaga cabang olahraga 

atletik dan pencak silat. Sedangkan, 416 orang lainnya tampil di kategori seni meliputi Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), Senam Santri, Pidato 3 Bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), Kaligrafi, Video Pendek, dan Hadroh.

Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Nuruzzaman didampingi Kakanwil Kemenag Sulsel KH Khaeroni beserta jajaran, pimpinan BSI Sulsel, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, unsur pejabat Forkopimda Sulsel, serta para juri dan panitia lomba yang tahun ini mengusung tema Gerak Santri, Bangkit Negeri.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sulsel dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta yang ikut ambil bagian pada penyelenggaraan Pospeda kali ini berjumlah 891 orang, terdiri dari cabang olahraga sebanyak 475 orang dan cabang seni sebanyak 461 orang.Stafsus Menag RI Buka Pospeda IX, 891 Santri Berebut yang Terbaik

Sementara itu, Gubernur Sulsel yang diwakili Staf Ahli Keagamaan H. Suherman, dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen Pospeda se-Sulsel.

“Santri tidak hanya paham agama, sehingga harus mampu bertransformasi ke depan. Santri adalah elemen penting, berani tampil didepan dan mampu mengisi ruang-ruang pembangunan,” terangnya.

Kepada seluruh peserta H. Suherman mengucapkan, selamat berlomba, junjung tinggi sportifitas, persahabatan, persaudaraan, kepada para wasit dan juri tunjukkan sifat adil dan kejujuran, agar Pospeda ini mampu melahirkan santri yang unggul, berprestasi, dan komprehensif.

Pospeda yang akan berlangsung hingga Ahad 16 Oktober 2022 sendiri diawali dengan defile kontingen peserta.

Pospeda Sulsel bagian dari seleksi sebelum tampil di ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX di Surakarta Jawa Tengah tanggal 23-27 November 2022 mendatang. (rls)