ITP Kolaborasi Dirikan Taman Wisata Gizi

ITP Kolaborasi Dirikan Taman Wisata Gizi

TAKALAR,UPEKS.co.id— Taman Wisata Gizi didirikan pertama kali di Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Pattalassang, Takalar. Taman Wisata ini diinisiasi oleh Institut Teknologi Pertanian sebagai realisasi perjanjian kerja sama dengan pemkab Takalar dan BKKBN Prov Sulawesi Selatan.

Ide pendirian Taman Wisata Gizi ini langsung direalisasikan oleh Camat Pattalassang, Syarif. Camat bekerjasama dengan warga pemilik lahan yang selama ini berstatus lahan tidur.

Bacaan Lainnya

Berbagai jenis sayuran dan buah ditanam pada hari ini. Adapun pupuknya berasal dari pengolahan limbah sisa makanan warga, dedaunan dan kotoran ternak yang diproses oleh Dinas Lingkungan hidup Kab Takalar dan Institut Teknologi Pertanian.

Beberapa warga bahkan telah bersepakat menyiapkan Gazebo untuk bersantai bersama anggota keluarganya dan juga menjadi lokasi urung rembuk warga. Camat Pattallassang mengapresiasi kontribusi semua pihak sehingga Taman Wisata ini dibuka oleh Bupati Takalar hari ini.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa Taman Ini hasil kerja kita bersama, saya harap Taman Wisata ini dijaga, dirawat dan dilanjutkan. Saya optimis bisa dijaga keberlanjutannya karena kita menggandeng pihak diluar pemerintah. Ada warga yang merasakan manfaatnya dan ada perguruan Tinggi yaitu Institut Teknologi Pertanian. “Taman Wisata Gizi ini adalah salah satu program yang  membantu warga dalam melengkapi kebutuhan makanan bergizinya, jadi Taman Gizi ini adalah pencegah stunting” terang Bupati Takalar.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Takalar menerima bantuan pupuk organik dari Institut Teknologi Pertanian sebagai salah satu produk kampus yang dihasilkan dari sisa makanan magot yang diproses dan dikemas menjadi pupuk organik.

Hadir dalam kegiatan Launching Taman Wisata Gizi, Bupati Takalar, Kadis Pertanian, Kadis Kesehatan dan beberapa pimpinan OPD lainnya, Camat dan seluruh lurah lingkup Kecamatan Pattallassang, civitas akademi ITP dan beberapa warga sekitar. (Jahar)