BPS Soppeng Launching Desa ‘Cantik’ di Desa Pesse

BPS Soppeng Launching Desa ‘Cantik’ di Desa Pesse

SOPPENG,UPEKS.co.id— Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Soppeng melaunching Desa Cinta Statistik (Cantik), di Tanah Darae Walemping, Desa Pesse, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng.

Launching desa cantik ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak didampingi Wakil Bupati, Ir. Lutfi Halide, Ketua DPRD, Syahruddin M Adam dan Kepala BPS Soppeng, Muhlis dan Kepala Desa Pesse, Andi Fatmawati.

Bacaan Lainnya

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak  dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala BPS Soppeng yang telah menjadikan Desa Pesse sebagai desa pelaksanaan program Desa Cantik ini.

Kata dia, dimana diketahui bersama bahwa program ini sangatlah strategis karena program desa cinta statistik ini sejalan dengan poin ketiga Nawa Cita Presiden Jokowi, yaitu membangun desa dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 

Dijelaskannya, data statistik sangat penting untuk mengetahui informasi yang sebenarnya, maka tepat rasanya jika kita memulai komitmen ini. 

“Semoga ini dapat menjadi suatu produk informasi untuk kita semua agar dapat mengelola data dengan baik dan benar untuk mengantarkan masyarakat lebih sejahtera. Olehnya itu, tinggalkan kebiasaan yang selalu mengarang data yang tidak benar sehingga menyebabkan program tidak tuntas,” ucap Kaswadi.

Dia berharap agar program desa cantik ini juga melibatkan lurah yang juga merupakan bagian dari NKRI, karena dalam statistik tidak ada perbedaan antara desa dan lurah utamanya di Kabupaten Soppeng. 

“Mari kita terdepan dalam hal kebaikan sehingga program statistik ini sangat dibutuhkan,” ajaknya.

  

Sementara Kepala BPS Soppeng, Muhlis mengatakan, pencanangan desa cantik yang dilakukan bertujuan sebagai langkah awal implementasi program pengelolaan data yang berstandar dan berkualitas. Mulai dari tingkat desa khususnya di Kabupaten Soppeng guna mendukung pembangunan desa dan pemerintah daerah . 

“Kami juga telah menyediakan website http://www.mrezaperdana.com sebagai sarana yang bisa digunakan dalam memudahkan kegiatan-kegiatan di desa. Di dalam website juga telah tersedia fitur pengisian potensi Desa Pesse secara mandiri,” ungkapnya. (Min)