Tiga Besar Hasil Lelang Calon Kadis Diumumkan, Bupati Pangkep Rencana Lantik Kamis Ini

  • Whatsapp
Tiga Besar Hasil Lelang Calon Kadis Diumumkan, Bupati Pangkep Rencana Lantik Kamis Ini

PANGKEP, UPEKS.co.id – Tiga nama calon kepala dinas/badan pada enam instansi yang dilelang pemerintah Kabupaten Pangkep diumumkan, Senin, 11 April. Nama-nama yang diumumkan itu sesuai dengan abjad tanpa merinci lagi akumulasi nilai dari kandidat sesuai dinas/badan terkait. Dari nama-nama yang masuk tiga besar itu akan dipilih satu nama mewakil instansi untuk dilantik bupati Pangkep, H.M Yusran Lalogau, yang direncanakan Kamis (14/4) mendatang.

Siapa yang berpeluang dilantik? Dari beberapa sumber upeks.co.id, untuk jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, nama Iman Takbir, S.STP, MM, punya peluang besar menduduki jabatan ini, sekalipun nama Jaenal Sanusi, S.STP, M.Si dan Rukmini, S.Pd, M.Pd juga punya usaha besar untuk bisa melenggang di jabatan ini.

Bacaan Lainnya

Di jabatan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, nama Drs. Asykur Abubakar, M.Si diprediksi punya peluang besar disusul Abd Haris, SP, M.Si, dan Marliah Hasyim, S.Pi, M.Hum. Sedangkan, di jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, nama Sulfida Hasan, S.Sos, M.Si, bakal melenggang mulus dibanding dua nama lainnya di dinas ini, yakni Baharuddin, S.Sos dan Iman Takbir.

Pun, sama dengan jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, nama Andi Sadda, SP diprediksi tak bisa dibendung untuk melenggang di kursi pimpinan dinas ini. Keduanya, baik Sulfida maupun Andi Sadda adalah kerabat dekat bupati dan wakil bupati Pangkep. Pada dinas ini, dua nama masing-masing, Ir. Wahyuddin dan Marliah Hasyim menjadi pendamping yang juga bisa menjadi alternatif bila nama Andi Sadda gagal dipilih bupati di tempat ini.

Pada jabatan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Wahyuddin dan Andi Irfan punya peluang besar apabila nama Asykur Abubakar diplot di dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan. Sedangkan jabatan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, ada nama Jaenal Sanusi diprediksi akan duduk di tempat ini, selain Rukmini yang satu-satunya keterwakilan perempuan yang masuk di bursa ini, serta kandidat Syahrul Sipato.

Ketua panitia seleksi Prof Dr. Ambo Tuwo yang dihubungi malam tadi, tidak merinci baik parameter penilaian dari seleksi ini. Yang jelas, kata dia, selain aspek makalah, wawancara, juga assesment menjadi penilaian pada seleksi ini. “Tetapi, lebih jelasnya Anda bisa hubungi BKD untuk kemungkinan aspek penilaian lain yang menjadi tambahan,” pinta guru besar Fakultas Pertanian Unhas ini.

Dia mengaku sudah menerima tiga nama yang ditetapkan di masing-masing dinas/Lembaga yang dilelang itu siang tadi. Tetapi, nama yang masuk tiga besar diakui tidak diketahui, karena kemungkinan ada nilai kompilasi dari BKD. “Hasil penilaian timsel secara keseluruhan itu dikirim ke KASN, kemudian dimunculkan tiga nama untuk dipilih bupati,” ujarnya.

Kepala BKPSDM Pangkep, Fharmawati yang dihubungi terpisah, juga mengaku sudah mengumumkan nama-nama tiga besar di enam lembaga yang dilelang. Dia mengumumkan di web pangkepkab.go.id/ setiap tahapan seleksi. “Di situ ada empat slot yang diumumkan berdasarkan nilai mereka. Sebelum diumumkan tiga besar, harus mendapatkan rekomendasi dari KASN,” ujarnya. (*)

Pos terkait