Lider Sultra Sorot Jalan Dermaga Kolaka Rusak Parah

  • Whatsapp
Lider Sultra Sorot Jalan Dermaga Kolaka Rusak Parah

 

KOLAKA, UPEKS — Direktur Lingkar Demokrasi Rakyat (Lider) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) Herman Syahruddin menyorot terkait infrastruktur Jalan Dermaga menuju pelabuhan Syahbandar Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) yang rusak parah. Hal itu dikemukakan kepada media ini pada (30/3/22).
Menurut Herman bahwa jalan dermaga dua jalur menuju pelabuhan syahbandar Kolaka merupakan akses lalu lintas ekonomi yang cukup sibuk setiap hari. Setiap hari jalan rusak parah ini dilalui oleh kendaraan kontainer bertonasi tinggi, kendaraan angkutan barang maupun kendaraan umum dan kendaraan pribadi melayani penumpang Kapal Fiber.
“Sehingga dengan rusaknya infrastruktur jalan itu memperlambat lalu lintas ekonomi serta rawan terjadinya Lakalantas,” ungkap Herman.
Untuk itu ia mengingatkan kepada Pemda Kolaka agar jalan dermaga ini bisa segera ditangani.
“Kami hanya mengingatkan kepada Pemda Kolaka agar jalan dermaga menuju pelabuhan dyahbandar bisa segera ditangani agar lalu lintas perekonomian bisa lancar,” ujar Herman.
Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kolaka Arifin Jamal Budi Darma dikonfirmasi media ini melalui selularnya Selasa (30/3/22) terkait hal itu menjelaskan bahwa jalan dermaga menuju pelabuhan syahbandar tahun ini sudah masuk dalam program Pemda Kolaka segera ditangani.
“Anggaran untuk perbaikan jalan itu sudah masuk dalam ABPD. Insyah Allah, tahun ini kita segera lakukan penanganannya,”kata Arifin mantan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kolaka.
Selain itu kata Arifin bahwa jalan tersebut tahun ini juga sudah ada keputusan dari Pemerintah Pusat, karena jalan tersebut kedepannya sudah masuk jalan nasional. Sehingga selanjutnya jalan tersebut menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi.
“Jadi tahun ini anggaran perbaikan Jalan Dermaga masih dari APBD, tetapi selanjutnya akan ditangani melalui APBD Provinsi karena sudah masuk kategori jalan nasional,”pungkasnya.(pil)