Persalinan Anak Pertama Hingga Anak Kedua Gratis Berkar Kartu JKN-KIS

  • Whatsapp
Persalinan Anak Pertama Hingga Anak Kedua Gratis Berkar Kartu JKN-KIS

 

Baubau, Upeks.co.id — La Ode Iksan Anshar, yang akrab disapa Iksan (32), merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Penerima Upah. Saat selesai mengikuti kegiatan bersama BPJS Kesehatan di Kabupaten Buton Utara, ia berbagi pengalaman keluarganya dalam mengakses layanan kesehatan menggunakan kartu JKN-KIS, Jumat (30/10).

Bacaan Lainnya

Ia mengakui istrinya saat itu menggunakan kartu JKN-KIS saat menjalani persalinan untuk kedua anaknya pada tahun 2017 dan 2020 lalu. Ia sempat khawatir terhadap biaya persalinan. Namun dengan adanya Program JKN-KIS, kekhawatiran itu pun bukan lagi menjadi masalah, karena biaya persalinan istrinya ditanggung sepenuh oleh kartu JKN-KIS.

“Anak pertama dan kedua saya menggunakan kartu JKN-KIS semuanya, dalam proses persalinan pun tidak ada biaya yang dikeluarkan, semuanya gratis. Kedua anak saya pun langsung dapat didaftarkan menjadi Peserta JKN-KIS dengan mengumpulkan administrasi ke petugas rumah sakit. Jadi selanjutnya saya tinggal mengurus data-datanya di Dukcapil untuk dicetakkan kartunya,” ungkap Iksan.

Selain kekhawatiran terkait biaya persalinan, Iksan juga sempat bimbang saat akan kelahiran anak pertamanya, karena mengingat dokter ahli kandungan saat itu tidak tersedia di Rumah Sakit Buton Utara.

“Saya sempat bimbang, mengingat ini persalinan pertama istri saya dan memiliki kondisi khusus, jadi cukup rawan menurut petugas di Puskesmas. Akhirnya kami disarankan untuk dirujuk ke rumah sakit siloam yang ada di Kota Baubau. Alhamdulillah tidak ada kendala dalam proses rujukan di rumah sakitnya dan diterima hingga lahiran,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan berharap Program JKN-KIS dapat terus berjalan sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat.(mf/se)