Jasa Raharja Sosialisasi Tugas Pokok dan Fungsi

  • Whatsapp
Jasa Raharja Sosialisasi Tugas Pokok dan Fungsi

MAKASSAR, Upeks.co.id–PT Jasa Raharja merupakan perusahaan negara yang terus melakukan kolaborasi dan inovasi khususnya dalam bidang pelayanan. Sehingga masyarakat bisa tahu hak dan kewajibannya menjadi peserta asuransi Jasa Raharja.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, Ifriyantono, mengungkapkan bahwa salah satu tujuan kegiatan media gatering bersama awak media elektronik, cetak dan online adalah agar masyarakat dapat lebih memahami tentang aturan yang telah dikeluarkan pemerintah dalam hal ini yang ditugaskan adalah PT Jasa Raharja.

Bacaan Lainnya

Jasa Raharja saat ini menjalankan dua program sosial yang pertama, yakni asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum di darat, laut, udara, danau, sungai dan penyeberangan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 Jo PP No. 17 Tahun 1965. Kedua, asuransi kecelakan lalu lintas Jalan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965.

Menurut Ifriyantono, masyarakat perlu tahu hak dan kewajiban dari PT Jasa Raharja, terkadang masyarakat hanya mengetahui setiap yang kecelakaan di jalan itu mendapatkan asuransi dari Jasa Raharja, padahal ada aturan-aturan yang harus kita perhatikan.

Dari UU No. 33 Tahun 1964, yang berhak menerima santunan yakni Setiap penumpang yang sah dari angkutan umum. Untuk UU No. 34 Tahun 1964, penerima santunan pihak ketiga diluar kendaraan penyebab (pejalan kaki, pengendara motor dan mobil yang ditabrak, pengendara sepeda, penyeberang jalan).

“Contoh yang lagi viral baru-baru ini adalah kecelakaan yang menimpa artis Indonesia Vanessa Angel, banyak masyarakat mengatakan mengapa tidak dapat asuransi dari Jasa Raharja?, jawabnya karena bukan angkutan umum dan merupakan kecelakaan tunggal,” ujarnya, di Delicate Society Cafe, Rabu (10/11).

Jenis kecelakaan yang tidak dalam jaminan UU No. 34/1964, kecelakaan yang disengaja karena bunuh diri atau percobaan bunuh diri, Kecelakaan tunggal, Kecelakaan yang terjadi saat korban dalam keadaan mabuk atau tak sadarkan diri atau melakukan perbuatan kejahatan, Kecelakaan yang terjadi tidak langsung disebabkan oleh penggunaan kendaraan.

Adapun itu tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja ialah pertama memberikan santunan, kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan angkutan umum dan menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan, Kedua menghimpun dan mengelola dana, dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak masyarakat atas santunan.

Ifriyantono juga menyampaikan bahwa dengan meningkatnya jumlah penyerahan santunan kepada korban dan ahli waris korban kecelakaan, ia mengimbau kepada masyarakat agar terus berhati-hati dalam berkendara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Jasa Raharja tidak hanya mengutamakan pelayanan dalam hal penyerahan santunan, namun juga dalam hal pencegahan kecelakaan. Selama tahun 2021, Jasa Raharja Cab. Sulsel telah menyerahkan bantuan sarana pencegahan kecelakaan lalu lintas berupa traffic cone, barikade, rompi scottlight, jas hujan serta alat tes alkohol kepada Ditlantas Polda Sulawesi Selatan,” tuturnya. (rls)