Kabupaten Enrekang Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama

  • Whatsapp
Kabupaten Enrekang Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama

ENREKANG, UPEKS.co.id — Kabupaten Enrekang meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 tingkat Pratama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut diumumkan secara daring dan diikuti langsung oleh Bupati Enrekang, Ketua DPRD Enrekang, Kadis PPPA dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Enrekang. Kegiatan berlangsung di Pendopo Rujab Bupati, Rabu (13/10/2021).

Bacaan Lainnya

Bupati Enrekang dalam sambutannya mengapresiasi penghargaan APE 2020 tersebut. Ia pun menyampaikan perlunya kolaborasi antara Pemerintah dan DPRD hingga lintas OPD untuk menciptakan program yang berkeadilan Gender di Instansi masing-masing.

Kabupaten Enrekang Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama

“Ini merupakan langkah awal, kedepannya bersama DPRD menjawab keberpihakan kesetaraan gender melalui Perda hingga kebijakan nantinya,” kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Enrekang Burhanuddin menyampaikan Enrekang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut setelah sebelumnya dilakukan evaluasi Pengarusutamaan Gender dengan 7 Prasyarat yang harus dipenuhi.

“Alhamdulillah ini merupakan penghargaan APE pertama kita sejak tahun 2006. Apa yang kita dapatkan tahun ini adalah berkat dukungan Bupati dan juga Support serta bimbingan dari Ketua PKK melakukan pembinaan hingga ke tingkat desa. Hari ini kerja keras kita telah berbuah manis dengan adanya penghargaan kategori Pratama,” ujar Burhanuddin.

Kadis P3A juga menyampaikan terima kasih kepada Sawalia Mantan Kadis P3A Enrekang sebelumnya, apapun alasannya apa yang didapatkan juga adalah andil dari kerja keras Sawalia yang dilanjutkan oleh PLT Kadis P3A Junwar sebelum Burhanuddin memimpin Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Enrekang.

Kabupaten Enrekang Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Pratama

Penghargaan APE yang diraih Pemerintah Enrekang yang telah peduli dan berkomitmen dalam pelaksanaan Pengarusutamaan Gender. APE adalah Penghargaan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia sebagai tolak ukur untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pada Pembangunan berkeadilan Gender.

Enrekang adalah satu dari 296 Kabupaten /Kota yang mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun ini.

Dengan adanya penghargaan tersebut, Burhanuddin mengatakan upaya ke depan yang dilakukan adalah membuat Perda, hingga melakukan pelatihan tentang perencanaan dan penganggaran yang bernuansa gender sebagai lahir komitmen bersama dalam Pengarusutamaan Gender.

Burhanuddin berkomitmen agar Kabupaten Enrekang dapat menerima penghargaan APE setingkat Madya dua tahun mendatang. Dia mengatakan ada empat tingkatan kategori APE
yakni tingkat pratama (pemula), madya (pengembangan), utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan mentor. (Sry)

 

 

Pos terkait