Tim PKM – RSH dari UNM Kembangkan Aplikasi U-SHIELD, Solusi Mengatasi Cyberbullying

  • Whatsapp
Tim PKM – RSH dari UNM Kembangkan Aplikasi U-SHIELD, Solusi Mengatasi Cyberbullying

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pelaksanaan tahun 2021.

Melalui program ini Kemendikbud memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM (PKM-KC, PKM-K, PKM-PI, PKM-PM, PKM-R), PKM-GFK, PKM-AI dan PKM-GT pelaksanaan tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Universitas Negeri Medan menjadi tuan rumah PIMNAS 34. Akan tetapi karena kondisi pandemi, kemungkinan besar keberlanjutan program ini akan dilakukan secara daring
PKM menjadi salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilakukan setiap tahunnya.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) memang menjadi ajang yang sangat bergengsi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Universitas Negeri Makassar juga turut andil dalam program tahunan ini. Mahasiswa dan perguruan tinggi sangat antusias mengikuti PKM.

Hal itu ditandai dengan lolosnya 109 proposal PKM di tahap Pendanaan. UNM pun bersiap untuk bisa lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021 ini.
Saat ini setiap TIM sedang mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya yaitu Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Tahun 2021 secara daring pada tanggal 6 sampai 18 September 2021.

Kegiatan berupa monitoring evaluasi hasil kegiatan penelitian yang dilakukan oleh tim mahasiswa dilakukan melalui presentasi. Setelah itu dievaluasi oleh reviewer dan disiarkan langsung pada channel youtube Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Salah satu TIM PKM – RSH (Riset Sosial Humaniora) berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan mengangkat judul “U-Shield: Aplikasi Self-Defense Remaja Berbasis Strategi Komunikasi Asertif Pencegah Cyberbullying.”

Tim ini beranggotakan 3 orang yang di Ketuai oleh Muhammad Rafli (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan), dengan anggota Nurpadhillah Junaid (Teknologi Pendidikan), Nindah Nurul Mentari (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan). Dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Nur Fadhilah Umar,S.Pd, M.Pd.

Tim PKM ini melakukan pengembangan aplikasi self-defense yang diberi nama “U-SHIELD” . Tujuan penelitian ini untuk mengenali, memahami bagaimana bentuk self-defense yang berbasis komunikasi asertif sebagai metode mencegah, menghadapi, dan mengatasi cyberbullying pada remaja melalui aplikasi U-Shield.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur latihan yang aman, memotivasi dan preventif yang tepat digunakan guru atau orang tua untuk mendampingi anaknya.

Sehingga remaja dilatih mengembangkan dan membiasakan bersikap positif, berani speak-up, dan mengungkapkan perasaan dengan tegas dan positif. Aplikasi U-SHIELD dapat diakses melalui laman website:https://u-shield.id/index . (jir)

Pos terkait