Taman Manasik dan Aplikasi SIMPAN Kemenag, Mudahkan JCH Jalani Ibadah

  • Whatsapp
Taman Manasik dan Aplikasi SIMPAN Kemenag, Mudahkan JCH Jalani Ibadah

PANGKEP,UPEKS.co.id — Kantor Kementerian agama kabupaten Pangkep meluncurkan inovasi Simulasi Manasik Haji dan Umrah Sepajang Tahun(SIMPAN).

Peluncuran SIMPAN oleh bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL) bersama Kakan Kemenag Pangkep Muhammad Nur Halik, di aula Kemenag Pangkep, Rabu(8/9/21).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Kepala Kantor Kemenag Pangkep, Muhammad Nur Halik, Kemenag Pangkep mambangun taman manasik dan juga aplikasi SIMPAN.

Tujuannya, untuk mendukung terwujudnya Pangkep religi. Serta, memberikan kemudahan masyarakat dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah.

“Taman manasik dan SIMPAN akan menjadi ikon religi Pangkep. Sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Pangkep,”katanya.

Aplikasi simpan saat ini sambungnya, dapat diunduh di google play store.

” Aplikasi SIMPAN ini, diantaranya berisi bacaan dan doa. Bacaan dan doa saat wukuf, sai dan bacaan serta doa lainnya saat pelaksanaan ibadah haji dan umrah,”tambahnya.

“Sementara itu, untuk taman manasik haji nantinya dilengkap replika kabah yang permanent. Sehingga, setiap orang dapat setiap saat melaksanakan simulasi haji dan umrah,”imbuhnya.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, mengapresiasi inovasi yang dilahirkan oleh Kakan Kemenag Pangkep.

Inovasi ini, kata MYL diharapkan memberikan kemudahan kepada masyarakat baik jamaah calon haji(JCH) dan jamaah umrah maupun masyarakat pada umumnya.

“Inovasi SIMPAN ini memang dibutuhkan masyarakat. Karena ada di HP. Selama ini pakai buku, sementara kalau buku sering dilupa. Tapi, kalau HP sangat jarang orang yang lupa bawa HPnya,”katanya.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu juga menyarankan, agar inovasi ini ditambahkan fitur penunjuk arah kiblat. Sehingga, bukan hanya dipakai saat berhaji tapi juga saat bepergian dan sehari-hari.

(Sah)