Dua Calon Ketua Golkar Lutim Butuh Diskresi

  • Whatsapp
Dua Calon Ketua Golkar Lutim Butuh Diskresi
Logo Partai Golkar

LUTIM, UPEKS.co.id — Perhelatan musyawarah daerah (Musda) partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) kembali diundur. Musda yang sedianya dijadwalkan pada tanggal 12 September 2021 itu, kembali akan ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPD II Golkar Luwu Timur Lakama Wiyaka, kepada Upeks, Rabu (8/9/2021) membenarkan penundaan Musda ini.

Bacaan Lainnya

“Iya, kemungkinan besar berubah lagi jadwal (Musda) Golkar Luwu Timur. Itu lantaran dua bakal calon ketua yang telah mendaftar dinyatakan tidak memenuhi persyaratan,” ujar Lakama.

Persyaratan yang dimaksud Lakama adalah status kepengurusan dua bakal calon ketua Mahading dan Aripin belum sampai lima tahun.

“Ini sesuai dengan peraturan organisasi (PO) partai Golkar 02.20 tentang masa aktif kepengurusan minimal 5 tahun bagi calon ketua umum,” tandasnya.

Lanjut Dia, karena tidak ada yang memenuhi syarat, maka DPD I akan meminta izin ke DPP partai Golkar agar mengeluarkan diskresi kepada kedua bakal calon.

“Jadi kedua bakal calon harus mendapat diskresi dari DPP agar tetap bisa bertarung dalam Musda nanti,” kata Lakama.

Seperti diberitakan sebelumnya, pendaftaran calon ketua Golkar Lutim telah berakhir pada 3 September 2021 lalu. Dari 5 bakal calon yang mendaftar hanya dua figur yang mengembalikan formulir, berikut dukungan dari dewan pimpinan kecamatan (DPK), organisasi sayap serta organisasi pendiri dan didirikan partai Golkar. Kedua bakal calon itu adalah Mahading dan Aripin.

Mayoritas pengurus partai Golkar Lutim menginginkan Mahading memimpin partai Beringin di Bumi Batara Guru. Hal ini terlihat dari rekomendasi dukungan mayoritas dewan pimpinan kecamatan (DKP), organisasi sayap serta organisasi pendiri dan didirikan sebagai pemilik suara.

“Mahading memiliki kapasitas yang mumpuni untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Golkar di Luwu Timur. Buktinya mayoritas pemilik suara telah menyerahkan rekomendasi dukungan mereka kepada ketua tim pemenangan Husler- Budiman di Pilkada 2020 ini. Dari 17 pemilik suara, Mahading telah mengantongi 14 dukungan Ini membuktikan bahwa beliau diinginkan oleh pengurus partai Golkar di Luwu Timur,” imbuh Badawi Alwi selaku Ketua Kosgoro Luwu Timur. (Aco)

 

Pos terkait