Program JKN-KIS, Sebuah Harapan bagi Masyarakat Kurang Mampu

  • Whatsapp
Program JKN-KIS, Sebuah Harapan bagi Masyarakat Kurang Mampu

 

Palopo, upeks.co.id- Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi harapan masyarakat dalam mendapatkan kemudahan mengakses layanan kesehatan. Salah satunya yaitu Nining Anggraini (30) dan keluarganya yang telah sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS.

Bacaan Lainnya

Nining adalah salah satu peserta Program JKN-KIS yang berdomisili di Rampoang, Kecamatan Bara, Kota Palopo. Nining sekeluarga terdaftar sebagai Peserta yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PD Pemda). Dirinya telah menggunakan layanan kesehatan dari Program JKN-KIS dan merasakan langsung manfaatnya. Nining menceritakan bagaimana anaknya yang mengalami demam tinggi dan harus segera mendapatkan pelayanan kesehatan di RS Mujaisyah Palopo.

”Saat itu anak saya demam tinggi dan alhamdulliah saya sudah terdaftar Program JKN-KIS yang sangat membantu sekali. Bisa dibayangkan jika kami sekeluarga belum terdaftar sebagai peserta. Saya mempunyai 3 orang anak dan saya hanya pegawai kontrak dan gaji saya tidak seberapa jika harus membayar sebagai pasien umum yang biayanya pasti sangat mahal,” ungkap Nining, Minggu (29/08).

Nining juga mengatakan bahwa pelayanan di rumah sakit sangat baik dan fasilitasnya juga lengkap. Tak lupa Nining turut bercerita tentang adanya aplikasi Mobile JKN yang sudah digunakannya beberapa kali, salah satunya untuk perubahan data. Dirinya diperkenalkan dan dijelaskan langsung oleh pegawai BPJS Kesehatan terkait aplikasi Mobile JKN saat mendatangi Kantor BPJS Kesehatan. Nining pun dibantu untuk mengunduh aplikasi tersebut di handphone nya yang menurutnya terbilang mudah.

“Katanya Mobile JKN ini sangat bagus karena bisa lebih memudahkan kita. Contohnya ketika saya ingin memindahkan tempat berobat saya bisa langsung menggunakan Mobile JKN ini tanpa perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan,” lanjut Nining.

Nining berharap ke depannya pemerintah dapat memastikan bahwa seluruh masyarakat, khususnya yang kurang mampu secara ekonomi, telah memiliki jaminan kesehatan yaitu melalui Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. (nf/va)