BPJS Kesehatan Pantau Kinerja Petugas PIPP di Rumah Sakit

  • Whatsapp

BPJS Kesehatan Pantau Kinerja Petugas PIPP di Rumah Sakit

 

Bacaan Lainnya

 

 

Ambon, upeks.co.id – Peningkatan kualitas layanan terhadap semua peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) senantiasa dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya dengan melakukan Monitoring dan Evaluasi Petugas Pemberian Informasi Dan Penanganan Pengaduan Peserta (PIPP), Kamis (27/05). Kegiatan ini rutin diadakan tiga bulan sekali dalam rangka memaksimalkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN-KIS.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Ade Eka Satrya menjelaskan mengenai alur pelayanan PIPP dan fokus serta komitmen PIPP Rumah Sakit (RS) tahun 2021.

“Yang menjadi salah satu fokus PIPP RS tahun 2021, yaitu memaksimalkan penginputan keluhan, perhitungan denda pelayanan dan pendaftaran bayi baru lahir di Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) serta memaksimalkan survei kepuasan peserta di RS. Komitmen kami di tahun 2021 ini, akan segera menyelesaikan keluhan tepat waktu dengan melibatkan pihak yang berwenang. Harapannya, kualitas pelayanan dan kepuasan peserta JKN-KIS menjadi optimal,” ungkap Ade.

Ia juga mendorong para petugas PIPP RS agar dapat memperkuat koordinasi dengan bidang atau unit lain di RS dalam menangani pengaduan peserta dan memberikan solusi terbaik.

“Petugas PIPP RS diharapkan dapat memberikan informasi-informasi lebih banyak kepada peserta terkait hal-hal yang dikeluhkan peserta JKN-KIS, seperti kekosongan obat, iur biaya pada saat peserta memilih kelas rawat yang lebih tinggi, hingga kriteria kegawatdaruratan di UGD. Pemanfaatan Aplikasi SIPP diharapkan tidak terbatas pada informasi penghitungan denda saja tetapi juga dimanfaatkan untuk permintaan informasi lain yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan,” tambah Ade.

Petugas PIPP RS Bhayangkara Ambon, Victor Taihuttu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini karena mendapatkan pengetahuan baru khusus mengenai pelayanan pendaftaran bayi baru lahir.

“Dengan adanya kegiatan monitoring evaluasi ini banyak memberikan informasi terbaru untuk kami petugas PIPP RS, khususnya terkait pelayanan pendaftaran bayi baru lahir di RS lewat aplikasi SIPP RS. Banyak peserta yang sudah merasakan kemudahannya karena pengurusan kartu bayi tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup menemui kami. Semoga penggunaan aplikasi SIPP ini dapat dimaksimalkan,” ujar Victor. (rls)

Pos terkait