Berkat JKN-KIS, Hamdana Melahirkan Nyaman Tanpa Kendala

  • Whatsapp

Narasumber : HAMDANA

 

Bacaan Lainnya

 

 

Makassar, Upeks.co.id – Memiliki seorang anak merupakan impian setiap keluarga. Tetapi keadaan ekonomi yang tidak menentu kadang membuat seseorang takut apabila melahirkan sebab membutuhkan biaya yang besar. Hal ini pula yang dirasakan oleh Hamdana (35). Ibu rumah tangga dengan tiga anak ini dengan suami yang hanya bekerja sebagai buruh harian, merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Selama masa kehamilan, ia mengaku rutin untuk melakukan kontrol di Puskesmas tempat ia terdaftar setiap bulannya. Selain itu, Hamdana menggunakan kartu JKN-KIS juga untuk mendapatkan imunisasi bagi bayinya yang baru lahir. Hamdana mengungkapkan bahwa penanganan proses melahirkannya sangat baik dari petugas rumah sakit, tidak ada masalah dan dilayani dengan sangat baik.

“Saya tidak membawa kartu JKN-KIS yang dibagikan oleh pemerintah, hanya menunjukan kartu KIS digital yang ada di aplikasi Mobile JKN yang saya unduh di Play Store. Tidak seperti kata orang-orang, kalau pakai kartu JKN-KIS katanya akan disepelekan oleh rumah sakit, apalagi kepesertaannya yang dibiayai oleh pemerintah. Buktinya saat mengurus administrasi, suami saya kaget karena tidak ditarik biaya apapun. Padahal jika tidak pakai JKN-KIS, biaya persalinan saya akan membutuhkan biaya yang sangat besar, belum dengan kamar dan lain-lainnya. Tidak sampai di situ saja, pelayanan yang saya terima pun sangat baik,” ungkapnya.

Merasa begitu bersyukur sebab iuran JKN-KIS selama ini ditanggung oleh pemerintah, Hamdana pun mengungkapkan bahwa hadirnya Program JKN-KIS ini sangat banyak membantu Hamdana dan keluarganya dalam segi kesehatan.

“Manfaat yang kami rasakan adalah, mudahnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Terutama untuk anak dan saya. Selain kemudahan dalam tindakan kesehatan, kemudahan lainnya yang kami dapatkan adalah dalam hal mendapatkan obat. Semua orang memang tidak menginginkan untuk sakit namun apa salahnya untuk berjaga-jaga sebelum sakit. Bagi masyarakat yang mampu, ada baiknya mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS selagi sehat karena program ini sangat bermanfaat,” ucapnya mengakhiri pembicaraan. (rls)

 

Pos terkait