Wujudkan Pengelolaan Keuangan Baik, DJPb Sulsel Teken MoU dengan Pemkab Luwu

  • Whatsapp
Wujudkan Pengelolaan Keuangan Baik, DJPb Sulsel Teken MoU dengan Pemkab Luwu

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Wujudkan pengelolaan keuangan daerah yang baik. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan (Kanwil DJPb Sulsel), Syaiful menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Luwu, Basmin Mattayang di Gedung Keuangan Negara (GKN) II Jl Urip Sumoharjo Makassar, Sabtu (5/6/2021).

Syaiful mengatakan, penandatanganan MoU ini diharapkan akan semakin memperkuat sinergi dan koordinasi antara Kanwil DJPb Sulsel dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu.

Bacaan Lainnya

“Penguatan sinergi dan koordinasi tersebut akan diwujudkan melalui pendampingan, asistensi atau konsultasi pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara, serta pertukaran data atau informasi keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan Kanwil DJPb Sulsel dan Pemkab Luwu akan melakukan sejumlah kegiatan pendukung. Seperti, Focus Group Discussion (FGD), sharing of knowledge, sosialisasi, studi banding, serta monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan negara/daerah.

Dan pada penandatanganan MoU tersebut, salah satu yang menjadi pokok kerja sama adalah penyaluran Dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa.

“Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sangat berperan bagi pembangunan daerah mengingat kapasitas fiskal daerah yang sangat terbatas terlebih lagi di tengah kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara Bupati Basmin Mattayang mengatakan kerja sama tersebut bagaimana menata keuangan yang baik sekalipun selama enam kali berturut-turut mendapatkan WTP dari BPK bukan berarti dirinya lengah dalam menata keuangan yang lebih.

Melalui kerja sama tersebut sambung Basmin, raihan WTP yang selama ini Pemkab Luwu bisa dipertahankan ke depannya. Ia menilai meraih itu sedikit lebih ringan dibandingkan mempertahankan .

“Saya kira melalui kerja sama ini merupakan pengetahuan yang sangat luar biasa khususnya dalam mempertahankan WTP pada masa yang akan datang,” tandasnya. (Rasak)

Pos terkait