Pendaki Asal Jakarta Tewas Saat Mendaki Puncak Gunung Latimojong

  • Whatsapp
Pendaki Asal Jakarta Tewas Saat Mendaki Puncak Gunung Latimojong
Proses evakuasi jenazah korban

ENREKANG, UPEKS.co.id — Seorang pendaki asal Jakarta, Basuki Surahman (50) meninggal saat melakukan pendakian menuju puncak Rante Mario, Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Rabu (2/6/2021).

Almarhum diduga terjatuh saat mendaki dari pos dua menuju pos tiga jalur pendakian Karangan, Desa Latimojong.

Bacaan Lainnya

Darwin, salah satu warga setempat yang juga Ketua KPA PALM, mengatakan baru kali ini ada peristiwa pendaki yang meninggal di gunung Latimojong.

Dia mengatakan selama ini belum pernah ada catatan pendaki yang meninggal di Gunung yang dijuluki atap Sulawesi ini.

“Setahu saya, ini adalah hal pertama kali terjadi ada yang meninggal di Gunung Latimojong saat mendaki,” kata Darwin.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Danpos Basarnas Palopo, Maikel.

Menurutnya selama dirinya bertugas melakukan evakuasi di Latimojong ini adalah pertama kalinya peristiwa pendaki yang meninggal.

“Selama saya tugas evakuasi, belum pernah ada laporan pendaki yang meninggal di Gunung Latimojong, yang ada hanya tersesat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setahun lalu memang pernah ada kejadian seorang warga setempat yang dilaporkan hilang di gunung tersebut. Namun, itu hanya hilang dan jasadnya tidak ditemukan.

“Tahun sebelumnya pernah ada laporan warga lokal yang hilang disana. Kita cari tapi sampai tujuh hari pencairan tak ada kabar. Tubuhnya tak ditemukan,” jelasnya.

Kabar pendaki asal Jakarta yang meninggal tersebut beredar melalui pesan berantai di WhatsApp dan Facebook.

Diketahui, pendaki yang ditemukan meninggal mengalami masalah dalam proses pendakian ke Puncak Latimojong. Kini telah dievakuasi, bernama Basuki Rachmad beralamat Jl. Rasamala IX No. B1, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan (RT013/RW013 – 12870) dan berjenis kelamin Laki-laki.

Salah satu Komunitas Pecinta Alam di Kecamatan Buntu Batu dari KPA PALM, Darwin saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu.

“Iya betul sudah A1. Teman-teman KPA di dini sudah lakukan evakuasi terhadap korban tadi,” kata Darwin. (Sry)

Pos terkait