PDAM Parepare Relaksasi Kelompok Pelanggan

  • Whatsapp

PAREPARE.UPEKS.co.id—PDAM Kota Parepare melakukan reklasifikasi atau perubahan kelompok pelanggan berdasarkan kemampuan. Hal itu dilakukan sebagai upaya penetapan tarif sesuai dengan kemampuan pelanggan.

Manager Hubungan Pelanggan, Rafiq, menguraikan, reklasifikasi tersebut dilakukan dengan melihat kondisi real pelanggan, baik fisik bangunan rumah yang dimiliki, luas tanah, dan memiliki usaha.

Bacaan Lainnya

“Kondisi rumah, luas tanah dan usaha itu akan mempengaruhi perubahan kelompok. Misalnya perubahan kelompok 3b (rumah tangga biasa) ke kelompok 3c misalnya,” ujar Rafiq.

Reklasifikasi itu kata dia, berdasarkan regulasi yang tertuang dalam Perwali nomor 4 tahun 2013 tentang pengelompokkan pelanggan.

“Petugas reklasifikasi pelanggan turun bersama-sama tukang catat. Ini untuk memastikan bahwa tarif yang kita bayar benar-benar real sesuai dengan pemakaian dan pengelompokkan status pelanggan,” ungkapnya.

Rahman Ngara, Plt Manager Humas PDAM Parepare, mengatakan, penetapan tarif dilakukan dalam dua tahun, namun hingga saat ini PDAM Parepare tidak pernah memberlakukan perubahan tarif tersebut.

“Jadi kami tekankan ini bukan perubahan tarif pemakaian, tetapi perubahan kelompok untuk memastikan penetapan tarif apakah sudah sesuai dengan kemampuan pelanggan,” kata Rahman Ngara, Plt Manager Humas PDAM Parepare, kemarin.

Oleh karena itu, Rahman Ngara mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika diperlukan peninjauan ulang status atau pengelompokkan pelanggannnya.

“Laporkan kepada kami untuk peninjauan ulang untuk diturunkan kelompoknya atau sebaliknya,” imbuh Rahman. (Ama)