Kemenag Sulsel Peringati Hari Guru Nasional, Empat Guru Terima Penghargaan

  • Whatsapp
Kemenag Sulsel Peringati Hari Guru Nasional, Empat Guru Terima Penghargaan

Kemenag Sulsel Peringati Hari Guru Nasional, Empat Guru Terima Penghargaan

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Keputusan Presiden RI Nomor 78 Tahun 1994 yang menetapkan hari lahir PGRI 25  November sebagai Hari Guru Nasional (HGN) adalah wujud nyata penghormatan pemerintah terjadap jasa para  guru.

Bacaan Lainnya

Selain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama Republik Indonesia yang di dalamnya juga  menaungi program pendidikan berbasis agama, ikut menyemarakkan peringatan HGN 2020 ini yang mengusung  tema “Bakti Guru Lindungi Negeri”.

Tidak hanya di Kantor Kemenag Pusat, Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan melalui  Bidang Pendidikan Madrasah pun menggelar upacara peringatan HGN ini yang dihadiri oleh utusan perwakilan  guru madrasah dari 3 Kabupaten – Kota, yaitu Makassar, Maros dan Gowa.

Bertindak selaku pembina upacara pada peringatan HGN yang digelar di lapangan indoor Kanwil Kemenag Sulsel  ini adalah Kakanwi Kemenag Sulsel, KH. Khaeroni, dimana para petugas upacaranya juga dari guru-guru, tenaga  kependidikan dan pelaksana pada beberapa madrasah di Kota Makassar serta dari Bidang Pendidikan Madrasah  Kanwil Kemenag Sulsel.

“Peringatan Hari Guru Nasional 2020 ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena kita  memperingatinya dalam suasana pandemi Covid-19, dimana sistem pendidikan di seluruh dunia terdampak  lansgsung sehingga banyak sekolah-sekolah yang masih tutup”, ucap KH. Khaeroni membacakan pidato seragam
Mendikbud RI, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato seragam yang dibacakan KH. Khaeroni ini, Nadiem Makarim secara khusus mengapresiasi  semangat yang ditunjukkan oleh para guru yang memilih untuk terus bangkit dan berjuang demi keberlanjutan  pendidikan di Indonesia.

Dirinya juga mengungkapkan rasa harunya melihat dan mendengar banyak cerita inspiratif dari pengalaman  mengajar para guru, terlebih di saat pandemi.

“Saya melihat dan mendengar cerita-cerita hebat, dedikasi, kesungguhan bapak dan ibu guru untuk bergerak  mencari solusi agar proses belajar anak-anak Indonesia tidak terhenti,” kata KH. Khaeroni menyampaikan pidato  seragam peringatan HGN Tahun 2020.

Lanjutnya, bahwa dengan semangat juang yang tinggi dan kesabaran Bapak/Ibu guru semua, pembelajaran tetap  terus berjalan meski dengan segala keterbatasan.

“Ini adalah bukti bahwa kita semua adalah pewaris semangat para pejuang yang tidak mau menyerah dengan  keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi dan berkolaborasi,” tutup Khaeroni.

Ditemui selepas upacara bendera, KH. Khaeroni menyampaikan, walau dalam suasana pandemi, guru harus terus  berkarya dan berprestasi bagi anak bangsa.

“Kepada guru saya harap tetap melaksanakan tugas sebaik mungkin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan  karena insya Allah pemerintah akan mengapresiasi itu dengan terus memperhatikan kesejahteraan guru dalam  berbagai aspek, baik aspek materil maupun non materil”, tuturnya.

Harapan senada disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Drs. H. Masykur bahwa dalam berbagai  keterbatasan akibat pandemi Covid 19, namun dengan tingkat keprofesionalan yang dimiliki, para guru tetap bisa  membuktikan dirinya mampu membangun SDM generasi muda Indonesia yang moderat dan berpikir berkemajuan.

Masih di lapangan indoor Kanwil Kemenag, Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Kota Makasaar, Hj. Darmawati  Tahir Karim, S.Ag, M. Pd menyampaikan bahwa kendati dalam suasana pandemi namun peringatan HGN 2020 ini  tetap dapat terlaksana dengan khidmat dan bersemangat.

“Semoga Guru Madrasah Indonesia semakin kreatif, inovatif, dan terdepan dalam memberikan layanan pendidikan  di negeri ini. Bakti Guru Lindungi Negeri”, kata Hj. Darma dengan semangat berapi-api.

Upacara peringatan HGN 2020 yang untuk pertama kalinya digelar di lapangan Indoor Kanwil Kemenag Sulsel ini  berjalan lancar, khidmat dan tertata apik berkat kesigapan panitia pelaksana yang telah mempersiapkannya secara  matang dan paripurna.

Tentunya keberadaan Kepala MTsN 1 Kota Makassar, Hj.Darmawati sebagai sekretaris panitia pelaksana adalah  salah satu figur sentral dibalik suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini.

Usai upacara bendera, kegiatan peringatan HGN dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada  guru dan tenaga kependidikan yang telah menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional.

Penyerahan piagam oleh Kakanwil Kemenag Sulsel ini dilangsungkan di Aula Lantai II kanwil Kemenag Sulsel,  tempat Kakanwil juga mengikuti secara virtual upacara peringatan HGN di halaman Kemenag RI, dimana Menteri  Agama RI, Letnan Jenderal (Purnawirawan TNI), H. Fahcrul Razi bertindak selaku pembina upacara.

Kkeempat guru dan tenaga kependidikan yang menerima piagam penghargaan : Nurlaela, S. Ag, M. Pd. I dari  MTsN 4 Sinjai sebagai juara 1 pustakawan tingkat nasional, Kasmawati, S. Ag, M. Pd, dari MTs Al Falah Arung  Keke Jeneponto, Juara 2 Kepala MTs berpreastasi tingkat nasional, Baidil, S. Pd, dari MA Al Badar Kota Parepare  sebagai juara 2 kategori Inovasi pembelajaran tingkat nasional, dan Khaerunnisa Latif, S. Pd, dari RA Mardati Kota
Makassar sebagai juara harapan 2 kategori Kepala RA berprestasi tingkat nasional.

Kemeriahan peringatan HGN 2020 ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil Kemenag Sulsel yang  kemudian diberikan kepada Kamad MTsN 1 Kota Makassar sebagai apresiasi Kakanwil atas terselenggaranya  kegiatan ini dengan baik, lancar dan sukses. (rls).

Pos terkait