Pasca Bencana, Peserta JKN-KIS Tetap Bisa Akses Layanan Kesehatan

  • Whatsapp
Pasca Bencana, Peserta JKN-KIS Tetap Bisa Akses Layanan Kesehatan

Pasca Bencana, Peserta JKN-KIS Tetap Bisa Akses Layanan Kesehatan

Masamba, Upeks.co.id – Bencana banjir bandang yang melanda wilayah Masamba dan Wilayah Radda, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan dan sekitarnya pada Senin, 13 Juli 2020 lalu mengakibatkan ratusan rumah warga diterjang luapan air yang membawa lumpur dan material. Bahkan, sejumlah warga dilaporkan ditemukan meninggal dan beberapa masih dilakukan pencarian.

Bacaan Lainnya

“Kami menyampaikan rasa prihatin terhadap seluruh masyarakat yang terdampak bencana banjir. Kondisi tersebut pastinya juga berdampak pada pelayanan peserta JKN-KIS di wilayah terdampak banjir bandang yaitu Kecamatan Masamba, Baebunta, Malangke dan Sabbang. Untuk itu, kami terus berkoordinasi dengan pemberi pelayanan kesehatan agar tetap memberikan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS semaksimal mungkin,” ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palopo, Subkhan, Kamis (16/07).

Sementara itu saat ditemui oleh tim Jamkesnews, dokter UGD RS Hikmah Masamba, Lila Nasikhah menyampaikan bahwa RS Hikmah Masamba tetap berkomitmen penuh melayani peserta JKN-KIS sebaik-baiknya. Ia mengatakan pelayanan peserta JKN-KIS selama pasca bencana masih berjalan normal walaupun Surat Eligibilitas Peserta (SEP) diterbitkan secara manual.

“Bagi peserta JKN-KIS yang membutuhkan pelayanan bisa ke rumah sakit terdeka. Lalu, untuk pelayanan BPJS Kesehatan Center di RS Hikmah Masamba juga tetap berjalan normal. Bagi warga yang kehilangan kartunya (kartu JKN-KIS) karena bencana cukup menyampaikan nama dan tanggal lahir, untuk selanjutnya kami lakukan konfirmasi peserta ke petugas BPJS Kesehatan agar pelayanan tetap diberikan kepada peserta sesuai dengan haknya,” jelasnya.

Lila juga meyakinkan bagi peserta yang membutuhkan pelayanan tak perlu takut tidak dilayani, karena di saat bencana seperti ini RS Hikmah Masamba tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan pasien.

“Semoga kita semua dalam lindungan Allah dan bagi saudara yang terkena musibah, semoga diberi ketabahan dan kemudahan dalam menghadapi musibah ini dan tetap menjaga kesehatan,” ucapnya. (Jamkesnews)

Pos terkait