Pemda Kolaka Gelorakan Ekonomi Kerakyatan Ditengah Pandemi Covid-19 

  • Whatsapp
Pemda Kolaka Gelorakan Ekonomi Kerakyatan Ditengah Pandemi Covid-19 

KOLAKA, UPEKS.co.id–Ditengah pandemi Covid-19 telah merubah berbagai aspek dalam kesehatan, kecemasan dan rasa tidak aman yang dialami sebahagian besar harus disikapi dengan rasional agar bisa bertahan hidup.

Hal itu diungkapkan Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara(Sultra) H Ahmad Safei saat membuka acara membentuk enterpreuner dalam rumah tangga di era kehidupan baru(new normal) di aula Command Center Diskominfo Kolaka, pada(1/8/20) disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kolaka Muh Arnan Amry kepada media ini.

Bacaan Lainnya

Acara diselenggarakan secara virtual oleh Kemenkominfo melalui Balitbang SDM dan Balai Besar Pengembangan SDM Kominfo Makassar(Sulsel), dan Dinas Kominfo Kabupaten Kolaka berlangsung di Command Center Diskominfo Kolaka

Bupati menuturkan bahwa ketidak pastikan dalam mengetahui kapan wabah ini akan berakhir, sehingga membuat banyak golongan masyarakat terutama golongan menengah kebawa bingung memikirkan nasib mereka. Sementara dalam menjalani kehidupan tanpa adanya mata pencaharian membuat kesulitan memenuhi kebutuhan  hidup.

Dalam kondisi seperti ini, kata Safei maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka menindak lanjuti apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa pemulihan ekonomi harus menjadi perhatian utama ditengah pandemi Covid-19 sebagaimana yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah(PP) nomor 23 tahun 2020 segera dilaksanakan di lapangan.

Peraturan ini mengharuskan untuk menggiatkan ekonomi masyarakat dengan menggerakkan roda ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UKM) di tengah pandemi Covid-19, agar pelaku usaha, korporasi tetap mampu berjalan. Sehingga Pemutusan Hubungan Kerja(PHK) secara masif dapat dicegah dan sektor keuangan bisa tetap stabil, dan roda ekonomi tetap berjalan.

“Jadi melalui peraturan ini kita diminta untuk menggelorakan ekonomi Kerakyatan melalui ibu-ibu rumah tangga, baik yang sudah mengelolah UMKM maupun yang baru mau mengelolah UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,”ungkap Bupati.

Dengan demikian maka upaya untuk menggerakkan roda ekonomi Kerakyatan dapat berjalan dengan baik. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Saya berharap kepada peserta literasi teknologi informasi dan komunikasi mengikuti secara serius agar upaya dalam membentuk enterpreuner dalam rumah tangga dapat diwujudkan menuju kehidupan baru,”harap Bupati.(pil)

Foto kantor Pemda Kolaka Sultra. (rls)

Pos terkait