Makin Efisien dengan Antrean Elektronik Mobile JKN

  • Whatsapp
Makin Efisien dengan Antrean Elektronik Mobile JKN
Narasumber : Ilham Hilal
Makin Efisien dengan Antrean Elektronik Mobile JKN
Narasumber : Ilham Hilal

Konawe Selatan, Upeks.co.id – Imbauan pemerintah mengenai physical distancing pada masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk tetap memberikan pelayanan prima. Salah satu FKTP di Kabupaten Konawe Selatan yang mendukung kebijakan tersebut adalah Puskesmas Tinanggea yang telah menerapkan antrean elektronik yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN.

Kepala Puskesmas Tinanggea, Ilham Hilal yang dihubungi tim Jamkesnews melalui video conference pada Rabu (20/05), menyampaikan bahwa dengan menerapkan antrean elektronik, pelayanan di Puskesmas menjadi jauh lebih efisien.

Bacaan Lainnya

“Antrean elektronik yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN mulai kami implementasikan sejak Februari 2020. Dengan rata-rata kunjungan setiap bulan 550 kunjungan namun tidak terlihat kepadatan antrean. Peserta JKN-KIS dapat mengambil nomor antrean melalui aplikasi Mobile JKN pada smartphonepeserta tanpa harus datang ke puskesmas terlebih dahulu. Selama ini pelaksanaan antrean elektronik cukup lancar, kecuali bila ada pemadaman listrik yang berimbas jaringan jadi kurang stabil,” jelas Ilham.

Lebih lanjut Ilham menyampaikan dengan diterapkannya antrean elektronik ini, dapat mengantisipasi penularan langsung penyebaran Covid-19 di Puskesmas.

“Antrean elektronik ini mengurangi kontak langsung sehingga baik tenaga kesehatan maupun peserta merasa aman dan nyaman beraktivitas di Puskesmas. Selain itu juga dapat meringankan kerja petugas dimana petugas puskesmas tidak perlu lagi memanggil pasien secara manual,” terang Ilham.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan Nurdiah S. Dahlan menyampaikan bahwa di Kabupaten Konawe Selatan terdapat 3 Puskesmas yang telah menerapkan antrean elektronik.

“Kami sangat mengapresiasi pelayanan yang dilakukan di Puskesmas Tinanggea dan fasilitas kesehatan lain yang telah menerapkan antrean elektronik yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN. Saya berharap fasilitas kesehatan lainnya dapat melakukan hal yang sama. Hingga saat ini antrean elektronik dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS yang terdaftar di 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Tinanggea, Landono dan Ranomeeto,” ungkap Nurdiah. (Jamkesnews)

Pos terkait