Lampaui Target Nasional, Pemkab Gowa Dapat Penghargaan BPS

  • Whatsapp
Lampaui Target Nasional, Pemkab Gowa Dapat Penghargaan BPS

Lampaui Target Nasional, Pemkab Gowa Dapat Penghargaan BPS

GOWA, UPEKS.co.id –Sensus Penduduk Online Kabupaten Gowa yang dilaksanakan pada 15 Februari hingga  29 Mei lalu berhasil melampaui dari target nasional yaitu 18,12 persen. Capaian Kabupaten Gowa 1,46 persen di  atas dari target nasional yaitu 16,66 persen.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Usman saat menghadiri  Rapat Koordinasi pelaksanaan Sensus Penduduk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan secara  virtual di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (31/8/2020)

“Jumlah penduduk Kabupaten Gowa yang ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk online sebanyak 142.167  orang. Itu artinya sekitar 18% dari total penduduk ikut sensus penduduk secara online,” kata Usman.

Atas prestasi ini Kabupaten Gowa menerima penghargaan dari BPS Nasional sebagai kabupaten dengan capaian  response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online dan penghargaan kepada Bupati  Gowa atas dukungan dalam melampaui target pelaksanaan sensus online di Kabupaten Gowa.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Gowa, Usman kepada Bupati Gowa, Adnan  Purichta Ichsan.

“Sensus online yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, kebanyakan masyarakat perkotaan yaitu Somba Opu dan  Pallagga karena berkait dengan jaringan,” jelasnya.

Lanjut Usman, selain sensus penduduk secara online, Sensus secara offline juga akan dilaksanakan pada 1  September 2020 selama satu bulan. Sensus ini akan mendata masyarakat yang belum melakukan sensus  penduduk secara online.

“Jumlah petugas yang kami turun 561 orang mitra. Mereka juga kami lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD)  seperti masker, hand sanitizer, face shield dan mereka juga sudah dirapid tes,” ungkapnya.

Ia juga berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa bersama jajaran hingga tingkat RT dan RW selama  pelaksanaan sensus penduduk secara offline ini.

Sementara itu, Bupati Adnan mengatakan bahwa pencapaian Kabupaten Gowa dalam pelaksanaan sensus  secara online ini merupakan kerja keras dan kerja sama yang baik hingga tingkat RT dan RW. Begitupun dengan  respon masyarakat yang tinggi untuk ikut berpartisipasi melakukan sensus secara online.

“Saya berharap ini bisa dijaga supaya kita bisa mendata seluruh masyarakat Kabupaten Gowa. Sehingga kita tahu  betul jumlah penduduk Kabupaten Gowa dan juga kita mengetahui status yang ada di wilayah Kabupaten Gowa  agar ketika ada program bantuan tidak ada lagi yang tidak mendapatkan bantuan sesuai dengan yang berhak,”  ujar Adnan.

Selain itu, Bupati Adnan yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa meminta  seluruh petugas sensus yang akan ke masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kemudian masyarakat juga saya minta tetap menjaga jarak, tidak berkontak dengan para petugas sensus dan  juga rajin-rajin membersihkan tangannya dan selalu memakai masker,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga Bupati Adnan didampingi Kepala BPS Kabupaten Gowa melakukan pemasangan tanda  pengenal kepada petugas sensus penduduk di Kabupaten Gowa dan menyatakan sensus penduduk di Kabupaten  Gowa dimulai.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP)  Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa, H. Ambo dan  para camat se Kabupaten Gowa.(Sofyan)

Pos terkait