ANEKA

DLH Gowa Ubah Jadwal Buang sampah, Ini Waktunya

DLH Gowa Ubah Jadwal Buang sampah, Ini Waktunya

GOWA, UPEKS.co.id– Untuk lebih memaksimalkan pelayanan dibidang kebersihan, Dinas Lingkungan hidup  (DLH) Kabupaten Gowa merubah jadwal pengangkutan sampah bagi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan sampah dan Pertamanan DLH Gowa, Abidzar Sulaiman mengumumkan  jadwal atau waktu buang sampah sejak 1 Juli 2020 kini diberlakukan mulai pukul 18.00 Wita hingga pukul 00.00 Wita.

“Sebelum kita mengubah waktu buang sampah, kita terlebih dahulu mempelajari kebiasaan masyarakat saat  membuang sampah rumahnya. Setelah itu baru kita simpulkan untuk mengubah waktu pengangkutannya,”katanya,  Kamis (2/7/2020).

Dari hasil pengamatan yang dilakukan DLH Gowa, Abidzar mengemukakan kalau kebiasaan masyarakat sebagian  besar membuang atau menaruh sampahnya itu saat mobil pengangkut sampah telah selesai beroperasi, olehnya  itu terkadang banyak sampah yang masih menumpuk dijumpai.

“Sering kita jumpai banyak masyarakat yang membuang sampah pada saat armada pengangkut sampah sudah  selesai beroperasi, jadi terjadi penumpukan. Makanya kita merasa perlu membatasi jadwal buang sampah dari  pukup 18:00 Wita hingga pukul 00:00 Wita,”jelasnya.

Selain itu DLH Gowa juga mengimbau kepada masyarakat, pelaku usaha seperti rumah makan, warung-warung,  warkop, perkantoran yang berada di pinggir jalan agar menyiapkan tempat sampahnya masing-masing.

Sedangkan masyarakat yang tinggal di dalam lorong disarankan agar berlangganan dengan pengangkutan motor  sampah dari kelurahan atau dapat membuang sampahnya pada tempat yang telah tersedia.

“Semoga dengan adanya pembatasan jadwal buang sampah ini, wilayah kita akan semakin bersih, tanggung jawab kebersihan ini adalah tanggung jawab kita bersama antara Pemerintah, Masyarakat dan Swasta. Jadi jangan dong selalu berpikir bahwa sampah cuma tanggung jawab pemerintah semata, tapi itu adalah tanggung
jawab kita secara bersama-sama,”harapnya. (Sofyan).

#TRENDING

To Top