MAKASSAR CITY

BPJS Kesehatan Jemput Bola Sampai ke Pulau Tangnga

BPJS Kesehatan Jemput Bola Sampai ke Pulau Tangnga

Polewali, Upeks.co.id– Sampai dengan 31 Desember 2019, jumlah Peserta JKN-KIS tercatat telah mencapai angka 224 juta peserta. Seluruh Peserta JKN-KIS tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk diantaranya mereka yang tinggal di daerah kepulauan. Melihat hal tersebut dan dengan semangat Jemput Bola, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali mengunjungi Pulau Tangnga Kecamatan Binuang, salah satu pulau yang ada di Kabupaten Polewali Mandar.

Dihuni lebih dari 80 kepala keluarga, pulau yang berada di pesisir barat Sulawesi ini sebagian besar penduduknya telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS. Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali, Eka Munawir menjelaskan tujuan dari kunjungan tersebut tidak lain adalah membuka loket pelayanan administrasi dan pemberian informasi.

“Kita pahami bahwa masyarakat yang tinggal di kepulauan aksesnya untuk berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan tentu tidak semudah masyarakat yang tinggal di kota. Jadi kunjungan kami disini, tujuannya untuk menjalankan Program BPJS Kesehatan Jemput Bola dengan membuka loket pelayanan dan informasi,” terang Eka.

Walaupun perjalanan menuju pulau Tangnga harus ditempuh menggunakan perahu nelayan, hal tersebut tidak menyurutkan niat petugas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali untuk tetap datang dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesampainya di lokasi saya melihat banyak masyarakat yang antusias dengan Program Jemput Bola ini, terlihat dari banyaknya masyarakat yang sudah berkumpul bahkan sebelum kami tiba di lokasi,” ungkap Eka.

Abd Majid, Lurah Amassangan Kecamatan Binuang menyampaikan bahwa pulau Tangnga masuk kedalam wilayah kerjanya. Letaknya yang berada di kepulauan membuat masyarakat sulit jika harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Selain karena harus menyeberang pulau terlebih dahulu, perjalanan darat setelahnya juga tidak terlalu lancar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Beruntung, BPJS Kesehatan yang kesini,” katanya

Ditemui setelah mendapatkan pelayanan, Darna salah satu Peserta JKN-KIS yang berkunjung mengungkapkan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan atas kemudahan pelayanan yang diberikan.

“Tadi saya mengurus perubahan kartu pak, nama saya di kartu tidak sesuai dengan yang di KTP. Ternyata prosesnya mudah, cepat. Dan lebih mudah lagi karena tidak perlu jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Darna.

Darna melanjutkan kehadiran petugas BPJS Kesehatan tersebut sangat diperlukan karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan informasi terkait Program JKN-KIS.

“Kami harap, pelayanan seperti ini dapat terus dipertahankan karna manfaatnya sangat kami rasakan, terima kasih BPJS Kesehatan,” tutupnya Darna (jamkesnews).

#TRENDING

To Top