Ketua DPRD Apresiasi Bulukumba Miliki Perahu Pinisi

  • Whatsapp
Ketua DPRD Apresiasi Bulukumba Miliki Perahu Pinisi

Ketua DPRD Apresiasi Bulukumba Miliki Perahu Pinisi

BULUKUMBA, UPEKS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Dinas Pariwisata meluncurkan  kapal Pinisi milik Pemkab Bulukumba, di PPI Bontobahari, Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bontobahari, Sabtu (6/6/2020).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pariwisata Muh Ali Saleng, dalam pengantarnya mengatakan, kapal tersebut awalnya adalah perahu  jolloro yang direnovasi menjadi kapal Pinisi.

Perahu tersebut dihibahkan oleh Syaripuddin, warga Kecamatan  Bontobahari kepada pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba.

Syarifuddin dengan sukarela menghibahkan perahunya yang telah diluncurkan pada tahun 2018 untuk dimodifikasi  dan diperbaiki kembali. Badan kapal yang sebelumnya berukuran kecil, kemudian ditambah dan diperbesar 5x lipat dari ukuran aslinya.

Adapun mesin kapal tersebut berasal dari mesin penggerak dari kapal Banawa Nusantara yang telah karam dan  terdampar di tepi pantai selama setahun.

“Akan tetapi, dengan keahlian serta kerjasama dari beberapa panrita, maka mesin tersebut dapat digunakan  kembali dan dijadikan mesin penggerak utama dari Kapal Pinisi,” kata Ali Saleng.

Menanggapi hal tersebut ketua DPRD Kabupaten Bulukumba H. Rijal S.Sos menyampaikan apresiasinya kepada  Dinas Pariwisata atas kegigihannya mewujudkan pemerintah Kabupaten Bulukumba memiliki kapal Pinisi meski dengan anggaran yang sangat minim.

Kepala Dinas Pariwisata bersama para pekerja galangan kapal mampu menyelesaikan kapal tersebut dengan  sangat memuaskan.

“Mewakili lembaga DPRD saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Pariwisata  bersama jajarannya yang telah menyelesaikan kapal pinisi ini dan juga terima kasih kepada seluruh pekerja yang  membantu Pemerintah Kabupaten Bulukumba sehingga pada hari ini kita dapat meluncurkan kapal Pinisi ini dan
semoga kedepannya kapal ini mampu menjadi daya tarik untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Bulukumba,” ungkap H.Rijal dalam sambutannya. (sufri).

Pos terkait