FKM UMI Gelar Pembelajaran Systematic Review

  • Whatsapp
FKM UMI Gelar Pembelajaran Systematic Review

FKM UMI Gelar Pembelajaran Systematic Review

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI Gelar Pembelajaran Systematic Review.

Bacaan Lainnya

Metode ini dinilai bisa mempermudah dosen dalam melakukan penelitian ilmiah.

Dekan FKM UMI, Dr. Suharni A. Fachrin, S.Pd., M.Kes mengatakan, kelebihan systematic review dibanding kajian biasa adalah penggunaan metode ilmiah dan pengerjaannya sistematis.

Dengan demikian, aplikasi ini bisa melihat hasilnya dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini akan  makin mempertajam pemahaman para dosen keperawatan UMI mengeksplorasi lebih jauh terkait dunia literasi  dan jurnal, kata Suharni, Selasa (28/4).

Dikatakannya,  pihaknya bersyukur karena pembelajaran berjalan lancar dan sukses, walaupun memanfaatkan zoom meeting cloud. Dia mengapresiasi langkah cepat dalam menumbuhkan semangat publikasi lingkup FKM dan UMI pada umumnya.

“Workshop menghasilkan beberapa goals. Diantaranya, pertama penelitian-penelitian mahasiswa keperawatan  akan diarahkan ke literature review dan juga sitematic review.  Sehingga kelak, akan sangat mudah diterima  dalam publikasi jurnal internasional, ujarnya.

Terlebih lagi, mengingat Pandemi Corona ini mahasiswa akan diuntungkan tanpa harus turun langsung meneliti di  lapangan, melainkan menyusun literature review dan sistematic review.

“Kedua bermanfaat untuk memperkaya penyegaran pemahaman dan publikasi para dosen keperawatan. Semoga  kegiatan selanjutnya akan bisa lebih sukses.

Diketahui, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari Prodi Ners FKM UMI dengan DPK PPNI Komisariat UMI.  Tema kegiatan, Sistematic Review. Kegiatan ini menghadirkan dua pakar, Adi Rian Pamungkas dan Ferry Efendi.(rls).