SULAWESI SELATAN

HUT ke-16, PDAM Palopo Bertekad Tingkatkan Pelayanan ke Pelanggan

PALOPO,UPEKS.co.id— Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 di Kantor PAMTM, Jl Pongsimpin, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Kamis (9/1/2020)

Acara HUT ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Direktur PAM TM Palopo, H Yasir yang dihadiri para direksi beserta karyawan.

Dalam sambutannya, Yasir mengharapkan peningkatan pelayanan air bersih kepada pelanggan agar masyarakat Kota Palopo dapat menikmati pasokan air bersih dari PDAM secara menyeluruh.

“Di usia yang ke-16 tahun ini, saya minta kepada seluruh direksi, manajemen dan karyawan agar fokus pada pelayanan air bersih,” harap Yasir.

Menurut Yasir, perusahan ini merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Palopo, untuk melayani kebutuhan air masyarakat.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Palopo yang telah memberikan dukungan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik,” jelasnya.

“Apa yang telah diraih PDAM Palopo selama ini, baik itu prestasi maupun penghargaan tidak terlepas dari kerja sama semua elemen di PDAM Palopo mulai dari staf hingga direksi dan tidak kalah pentingnya yaitu dukungan dan komitmen Wali Kota Palopo, HM Judas Amir selaku owner PAM TM Palopo atas bimbingan dan perhatiannya hingga saat ini. Termasuk Dewan Pengawas maupun dari para anggota DPRD serta stakeholder lainnya,” lanjut Yasir.

Yasir juga bertekad membawa PDAM Palopo selangkah lebih maju dibandingkan PDAM daerah lain.

Hosting Unlimited Indonesia

“Jika orang lain masih tidur kita sudah bangun. Jika orang lain masih berjalan kita sudah berlari,” katanya.

Pertumbuhan jumlah penduduk Kota Palopo berdampak akan tingkat kebutuhan air bersih. Dan hal ini menjadi satu-satunya harapan masyarakat agar PAM TM Kota Palopo mampu memenuhinya.

Yasir pun bertekad menjawab tantangan itu dengan menambah kapasitas instalasi pengolahan air minum sekaligus merintis sumber air baku yang baru sebagai Intake PAM TM.

Penambahan pelanggan berjalan seiring dengan meningkatnya cakupan pelayanan. Cakupan pelayanan ini meningkat dari 65,63 persen ke 85,11 persen pada 2018.

“Lalu, produksi naik dari 290 liter per detik menjadi 550 liter per detik pada 2018 dan panjang jaringan 242.387 meter menjadi 509.715 meter,” bebernya.

Yasir menjelaskan, berbagai prestasi telah diraih PDAM Kota Palopo. Diantaranya pada tahun 2017 mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai terbaik kedua tingkat nasional, PDAM berkinerja keuangan dan kepatuhan penyelesaian tunggakan pinjaman kepada pemerintah.

Sementara itu, dalam hal inovasi, PAM TM Kota Palopo sebagai salah satu instansi pemerintah yang masuk sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Tak hanya itu, inovasi lainnya yang berhasil ditorehkan, yakni PAM TM Kota Palopo kembali mendapat penghargaan dari 7 Sky Awards 2019 dengan kategori BUMD terbaik dalam pengembangan Inovasi Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.

Selanjutnya, dalam hal pengelolaan Keuangan PAM TM Palopo mampu memposisikan dirinya sebagai salah satu PDAM dengan predikat sehat dan berkinerja baik serta opini WTP selama 7 tahun berturut turut. (ris)

#TRENDING

To Top