Lantamal VI Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019

  • Whatsapp
Lantamal VI Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019

Makassar, Uprks.co.id–Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar mengelar upacara  bendera memperingati  hari Ibu Ke-91 tahun 2019 di Lapangan apel Mako Lantamal VI, Senin (23/12/2019).

Pada upacara bendera  tersebut sebagai Inspektur upacara (Irup)  adalah  Komandan Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Makassar Letkol Laut (K/W) drg. Sweeta Artsiana Dewi M.Kes,  dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Mayor Laut (K/W) drg. Bernadeta P. susi Sp. Pros.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya,   Irup  membacakan  sambutan  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan hari ibu lahir dari pergerakan perempuan indonesia diawali dengan kongres perempuan pertama 22 desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan indonesia.

Lebih lanjut dikatakan tema sentral pembahasan kongres perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan anak, poligami dan pendidikan perempuan.

Hakekat peringatan hari ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia. terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah  momemum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 desember sebagai hari Nasional, ujar Irup saat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

Perempuan indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan lakl-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab lakl-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak, ujar  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI  yang di sampaikan Irup berharap  PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Hadir dalam upacara bendera peringatan hari ibu  tersebut , Kasatker dan Kadis Lantamal VI, Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap PNS Lantamal VI serta personel Yonmarhanlan VI.(rls)