Sambut Mahasiswa Baru, Unimerz Ajarkan Karakter Kebangsaan

  • Whatsapp

Sambut Mahasiswa Baru, Unimerz Ajarkan Karakter Kebangsaan

MAKASSAR, Upeks.co.id–UPEKS.COM – Sambut mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, Universitas Mega Rezky (Unimerz) Makassar menggelar Character Building Program (CBP) di Unimerz, Senin (10/8/2019).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama empat hari yakni 19-22 Agustus 2019 tersebut mengangkat tema “SDM berkarakter, pilar bangsa kokoh”.

Koordinator panitia, Jangga menjelaskan, penyambutan mahasiswa baru tahun ini akan difokuskan pada pengembangan karakter, terutama karakter bangsa. Hal itu mengingat karakter kebangsaan di era sekarang ini yang dianggap mulai redup oleh berbagai faktor.

“Kami akan memberikan nilai-nilai kebangsaan, kita sadar betapa pentingnya nilai-nilai kebangsaan bagi mahasiswa. Ini merupakan bukti bahwa Unimerz menyambut mahasiswa baru dengan cara kemanusiaan,” ucapnya.

Untuk mendukung itu, dalam kegiatan ini turut mengundang pula pihak luar untuk membawakan materi. Diantaranya, dari pihak Kodam yang akan fokus pada pengembangan karakter kebangsaan.

Ia mengatakan, hal ini penting, sebab mahasiswa baru perlu kembali memaknai pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila. Selanjutnya, pemateri dari luar yakni oleh pihak Kejati Sulsel dan BPN.

Sementara itu, Pembina Yayasan Pendidikan Islam Megarezky Makassar, Alimuddin menyambut baik tema yang diusung. Ia mengatakan, untuk tahun ini mahasiswa baru yang diterima berasal dari beragam daerah, mulai dari wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) sendiri, Sulawesi Barat, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Dengan beragamnya mahasiswa baru ini, kata Alimuddin, pentingnya diperlukan pendidikan kebangsaan. Ia menekankan, keberagaman daerah tak boleh memecah kesatuan bangsa.

“Kita dari beragam daerah tetapi satu bangsa. Untuk itu kira perlu menanam pendidikan kebangsaan,” ucapnya.

Dalam sambutannya, ia juga meminta kepada mahasiswa baru untuk bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan. Ia menyakinkan kepada mahasiswa untuk tak menyesali jurusan yang telah mereka pilih.

“Tentu memilih program sudah dipertimbangkan dengan matang, jangan sampai hanya ikut-ikutan, tidak punya cita-cita,” mintanya.

Kegiatan CBP sendiri dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi-Gorontalo, Prof Jasruddin. Kegiatan ini diikuti oleh 1.342 mahasiswa baru. Para peserta dengan berpakaian putih-putih mengikuti acara dengan meriah.(*)

Pos terkait