Wabup Enrekang Bahas Stunting pada Bursa Inovasi Desa

Wabup Enrekang Bahas Stunting pada Bursa Inovasi Desa

ENREKANG.UPEKS.co.id—Salah satu tahapan program pokok inovasi desa adalah pelaksanaan Bursa Inovasi  Desa ( BID). Sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di  Desa – Desa, sekaligus sebagai wahana pertukaran dan Inovasi desa.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dibagi empat Cluster. Cluster partama dilaksanakan dilapangan Footsal desa Pattondonsalu,  Kecamatan Maiwa dan pesertanya adalah seluruh desa yang ada di Kecamatan Maiwa dan Cendana, Selasa  (16/7/2019).

Cluster II akan dilaksanakan di Villa Bambapuang, Kamis (18/7/2019) dan pesertanya seluruh desa yang ada di  Kecamatan Enrekang dan Kecamatan Anggeraja.

Cluster III dilaksanakan digedung PB Budi Alam jalan Jambu, Kelurahan Kambiolangi, Selasa (23/7/2019).  Pesertanya suluruh Desa dari Kecamatan Alla, Baroko, Curio dan Masalle.

Cluster IV dilaksanakan di Aula Kantor Camat Baraka, Selasa (25/7/2019) pesertanya seluruh desa dari  Kecamatan Baraka, Malua, Buntu Batu dan Bungin.

Bursa desa di Kecamatan Maiwa dihadiri oleh Wakil Bupati Enrekang Asman, SE. Plt Kepala BPMPD Hj. Zubedah  Bando, Camat Cendana dan Camat Maiwa, Para Pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Wabup menekankan agar setiap desa juga perhatikan kasus stunting, ia mengatakan seharusnya stunting tidak  ada di Enrekang yang notanebe kaya akan sayur mayur dan buah – buahan.

“Ini merupakan tantangan kita karena Enrekang merupakan penghasil sumber daya alam yang baik, mulai dari  tanaman sayur – sayuran yang bergizi, ada ikan iar tawar yang bibitnya sudah disiapkan dan sumber daya alam  kita yang bisa meningkatkan status gizi anak – anak kita,” kata Wabup.

Untuk itu Asman meminta agar setiap Kepala Desa membuat Peraturan Desa ( Perdes) tentang penanaman bibit  pohon ketika ada ibu hamil yang melahirkan, sehingga hal ini bermakna memulai kehidupan baru dan mencintai  lingkungan.

Terdapat 9 Inovasi bidang infrastruktur di Bursa A.

1.lapangan sepak bola bertaraf Intenasional
2. Pompa air ala Jokowi solusi mengatasi krisis air bersih
3. Inovasi pompa air tanpa listrik
4. Pembangunan Embung untuk pengairan dan wisata
5. Embung Mikro manfaat Makro
6. Sarana Olah Raga Desa
7.penampungan air untuk aneka manfaat pertanian dan perkebunan
8 inovasi mesin pencacah rumput untuk ternak
9. Sorga desa Melana: Integrasi Raga Desa Budaya Taman Baca dan Paud

Dibursa B, ada 9 Inovasi Bidang Kewirausahaan

1.Meyulap mesin dan besi bekas menjadi alat pengangkut panen
2. Pencegahan stunting melalui pengembangan kolam ikan disetiap rumah
3. Bunker sapi
4. Kotoran ternak menjadi biogas
5. Ubah bongkol jangung jadi pakan ikan penuh gizi
6. Pengelolaan kotoran sapi menjadi pupuk Bokhasi
7. Mendongkrak perekonomian masyarakat melalui agro wisata budidaya durian
8. Memanfaatkan lahan bekas kakao sebagai kebun merica
9. Alam tanam benih langsung tanam padi. (Sry).

Pos terkait