Tim PKW Dampingi Masyarakat Pesisir Tingkatkan Taraf Hidup

  • Whatsapp

Tim PKW Dampingi Masyarakat Pesisir Tingkatkan Taraf Hidup

PANGKEP,UPEKS.co.id — Program Kemitraan Wilayah (PKW), dengan sejumlah program pembinaan dan  pendampingan sebagai upaya peningkatan taraf hidup masyarakat.

Bacaan Lainnya

PKW melibatkan sejumlah dosen dari dua perguruan tinggi, Universitas Hasanuddin dan universitas Muhammadiyah Makassar serta Pemkab Pangkep.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas, Dr Abd Rasyid menjelaskan, PKW ini  salah satu program dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dengan fokus utama meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di wilayah pesisir Pangkep.

Lanjutnya, Desa Bulu Cindea dipilih sebagai lokasi dengan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai  petambak garam.

“Pendampingan yang dilakukan ke masyarakat ini sebagai wujud membantu peningkatan taraf hidup. Kita melihat  daerah ini sangat potensial untuk dikembangkan, khususnya untuk industri garam,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, pihaknya menghadirkan pakar terkait pengelolaan garam dan pengairan untuk sistem air bersih, serta pengelolaan bank sampah.

Salah seorang Dosen Unhas, Dr Abduh Ibnu Hajar menjelaskan dihadapan puluhan petambak garam, wilayah ini  sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sentra garam industri.

“Kelayakan pengembangan usaha garam rakyat menjadi garam industri itu dapat dilakukan di wilayah ini. Tentunya berbasis inovasi dan tekonologi menuju industrialisasi garam rakyat. Kita dapat menerapakan tekonologi dalam pengelolaannya agar hasilnya jauh lebih baik,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Made Ali mengaku bahwa, ada 300 petambak garam di wilayahnya itu yang masih memerlukan pendampingan.

“Ini salah satu kendalanya mereka tidak ada pendampingan. Khususnya untuk pengelolaan dan pemasaran.  Sehingga banyak garam yang tinggal menumpuk, pembelinya tidak ada,” ujarnya.

Pihaknya sangat berharap instansi terkait juga memperhatikan terkait pendampingan garam oleh petugas yang diturunkan. (Sah)

Pos terkait