SULAWESI SELATAN

Terungkap Penyebab Pembunuhan di Dusun To’ Garu’ga, Tator

Tana Toraja, Upeks.co.di — Kepolisian Resort Tana Toraja mengungkap motif pembunuhan yang dilakukan tersangka DDP, 45 tahun, terhadap dua bersaudara Pite’, 47 tahun (meninggal dunia), dan Palele, 44 tahun (luka berat), di Dusun To’ Garu’ga, Lembang Sesean Matallo, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara, Sabtu, 11 Mei 2019 malam.

“Dari hasil pemeriksaan tersangka maupun saksi diperoleh keterangan bahwa penganiayaan itu bermula dari masalah kartu keluarga. Adik korban, yakni lelaki Pe mendatangi rumah tersangka untuk meminta kartu keluarga milik kakaknya Pite’. Kemudian terjadi cekcok mulut antara Pe dan tersangka,” terang Kasat Serse Polres Tana Toraja, AKP Jon Paerunan, dalam konferensi pers dengan sejumlah wartawan di Mapolres Tana Toraja, Selasa, 14 Mei 2019.

Hosting Unlimited Indonesia
AKP Jon menguraikan, tak lama berselang, kakak Pe, yakni Pite’ (yang kemudian menjadi korban meninggal dunia) menyusul ke rumah tersangka DDP. Pite’ membawa sebilah parang yang masih tersarung.
“Lalu, tanpa banyak bicara korban mencabut parang yang dia bawa, namun gagal. Lalu, tersangkanya lari ke atas rumah tongkonan mengambil parang. Kemudian dia turun kembali ke bawah dan berdual dengan korban. Korban tetap berusaha mencabut parangnya dari sarung tapi tidak tercabut. Kemudian korban lari dan terjatuh karena banyak darah yang keluar,” urai AKP Jon.
Sementara adik korban juga tidak luput dari ayunan parang milik pelaku. Setelah melihat korban jatuh, pelaku kemudian melarikan diri ke Rantepao.
Menurut AKP Jon, antara kedua korban dan pelaku masih ada hubungan kekerabatan.

Polisi mendapat keterangan dua saksi yang berada di tempat kejadian perkara (TKP), yakni Pe dan seorang saksi lainnya berinisial YT.

“YT ini adalah saksi kunci, karena dia berada di TKP saat peristiwa itu terjadi,” katanya.

Saat ini, tersangka DDP sudah ditahan. Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 338 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.(Anton)

#TRENDING

To Top