SULAWESI SELATAN

Perumahan Wajib Menyidiakan Tempat Pembuangan Sampah

GOWA, UPEKS,co.id- Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan jika semua perumahan di Gowa harus memiliki tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Adnan mengatakan langkah tersebut mesti dilakukan agar semua perumahan senantiasa menjaga kebersihan. Adnan mengaku tak ingin ada lagi perumahan yang kotor.

“Semua perumahan-perumahan yang ada di Kabupaten Gowa wajib memiliki tempat pembuangan sampah sementara, kalau tidak ada jangan dikasih izin,” kata Adnan di Gowa, Minggu (6/6/2019).

Adnan mengatakan, instruksi ini telah ia berikan kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Gowa yang baru, Abdullah Surajuddin.

Mantan Kabag Humas dan Kerjasama ini diberi PR untuk tidak lagi menerbitkan izin bagi perumahan yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

“Ini PR bagi Perkimtan. Saya sudah sampaikan ke Kepala Dinas untuk menyampaikan itu agar semuanya menyediakan tempat sampah sementara,” tegas Adnan.

Adnan menilai, perumahan yang kotor akan menjadi sorotan bagi pemerintah Kabupaten Gowa.

“Karena kalau Anda kasi izin tanpa adanya TPS yang disoroti itu bukan mereka yang disoroti, tapi kita yang disoroti,” ujarnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Sementara perumahan yang terlanjur keluar izinnya, Adnan meminta kepada Kepala Dinas Perkimtan menyampaikan semua perumahan-perumahan menyediakan tempat sampah sementara.

“Apalagi perumahan-perumahan yang baru, mau bikin izin atau baru mau diproses izinnya kalau perlu jangan dikeluarkan izinnya kalau tidak ada tempat pembuangan sampah sementaranya,” tegas Adnan.

“Karena dari situlah dikumpul semua sampah yang ada di perumahan baru Dinas Lingkungan Hidup yang melakukan pengangkutan sampah-sampah itu kemudian dibawa ke TPA,” sambungnya.

Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini juga berharap dengan adanya kepala dinas yang baru Perkimtan kedepan semakin baik lagi.

“Kita berharap kinarja Dinas Perkimtan ini akan jauh lebih biak di masa yang akan datang. Kesuksesan itu kalau sistemnya berjalan dengan baik dan semuanya bisa bekerja sama dan menjaga kekompakan yang ada,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkimtan Gowa, Abdullah Sirajuddin menuturkan penyampaian Bupati Adnan adalah upaya penciptaan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman.

Abdullah juga menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diamanahkan kepadanya.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati Gowa serta Bapak Sekda atas kepercayaan dan bimbingannya selama ini,” katanya. (Sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top