SULAWESI SELATAN

 Enrekang Banjir, Masih Banyak Masyarakat Kurang Sadar Lingkungan

Enrekang, Upeks.co.id — Setiap tahun Kabupaten Enrekang terutama Enrekang Kota menjadi langganan banjir. Padahal jika dilihat dari segi geografisnya Kabupaten Enrekang berada di ketinggian, namun faktanya setiap tahun fenomena ini selalu terjadi.

Komisioner Baznas Enrekang, Dr. Ilham Kadir, MA mengatakan salah satu faktor penyebab terjadinya banjir di Enrekang adalah masih minimnya kesadaran masyarakat tentang limgkungan baik dari segi kebersihan maupun bagaimana merawat lingkungan agar tetap dapat menahan air jika turun hujan.

Hosting Unlimited Indonesia

” Banyak masyarakat yang tidak sadar melakukan penebangan pohon secara terus menerus tanpa ada upaya reboisasi. Apalagi di Enrekang ada perusahaan meubel yang butuh banyak kayu sehingga pohon ditebang seenaknya saja, padahal seharusnya dilakukan sistem tebang pilih”. Kata Dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang ini.

Selain itu Ilham juga meminta agar Pemkab membuat tanggung yang cukup tinggi disepanjang sungai Saddang dan sungai Mata Allo agar jika turun hujan kedua sungai tersebut mampu menahan air. Selain itu juga perlu adanya kanal sebagai upaya mengantisipasi luapan air agar tidak terjadi banjir. ( Sry)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top