SULAWESI SELATAN

Disdukcapil Gowa Bagikan 61.000 Keping KIA Untuk Tahap Pertama

GOWA, UPEKS.co id- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gowa berencana akan membagikan 61.000 keping Kartu Identitas Anak (KIA) untuk tahap pertama pada Mei 2019 nanti.

Kepala Dinas Dukcapil Gowa, Ambo mengaku telah  disampaikan pada Musrembang anak beberapa waktu lalu. Dimana seluruh anak di Gowa pada tahap pertama ini Dukcapil Gowa akan , mencetak, menerbitkan, dan membagikan Kartu Identitas Anak (KIA).

Agar terkoordinir, pihak Dukcapil Gowa akan turun langsung ke sekolah guna mengambil data dan mencetaknya kemudian dikembalikan ke sekolah. Hal ini dilakukan supaya ada keteraturan.

Hosting Unlimited Indonesia

“Jadi anak-anak sekolah tidak perlu ke Kantor Dukcapil. Nanti petugas kami yang datang meminta data, Foto copy KK, dan foto copy KTP orangtuanya, dan foto copy akte kelahiran, kemudian anak yang sudah berumur 5 tahun keatas siapkan pas fotonya 2×3, kumpul di sekolah dan akan diambil oleh petugas kami,” terang Kadis Ambo. Selasa (2/4/2019).

Ambo juga menjelaskan KIA ini merupakan identitas anak sebelum 17 tahun untuk mendapatkan KTP-el. Dan bagi orangtua tidak perlu khawatir, karena seluruh proses pembuatan KIA ini tidak dipungut biaya.

Diketahui, total keseluruhan anak di Kabupaten Gowa yang bersekolah dan dibawah 16 tahun penerima KIA yakni lebih dari 100.000 orang.

Sementara, untuk tahap pertama akan dilakukan secepatnya, dan pembagian KIA tahap pertama akan dibagikan pada Hari Pendidikan Nasional mendatang yang jatuh pada 2 Mei 2019 nanti.

“Kita akan serahkan fisik dari KIA ini bertepatan pada Hardiknas mendatang. Kami juga telah sampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan kalau kami akan membagikan KIA pada upacara peringatan Hardiknas,” ungkapnya. (sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top