SULAWESI SELATAN

Wujudkan Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Berdayakan Petani Lokal

 

Sorowako, Upeks.co.id–  Guna memenuhi  kebutuhan bibit pohon yang didedikasikan untuk tahap penghijauan bekas lahan tambang, PT Vale Indonesia memberdayakan petani lokal yang bermukim di Sorowako.

 

Hal ini diungkapkan Manager Reklamasi Tambang PT Vale Indonesia, Yohan Lawang kepada Upeks saat ditemui dilokasi pusat pembibitan, di Nursery PT Vale Indohesia, kemarin.

 

“Tentunya guna mewujudkan pertambangan berkelanjutan dan berkontribusi pada peradaban, kami memberdayakan masyarakat dari berbagai sektor salah satunya melalui pendampingan petani lokal dalam pengadaan pengadaan bibit yang ditujukan untuk reklamasi lahan bekas tambang,” terangnya.

Hosting Unlimited Indonesia

 

Bahkan kata dia, bibit yang digunakan dalam reklamasi tambang, sebagian besar di peroleh dari petani yang bermukim di Sorowako.

 

“Sekitar 60 persen bibit yang kami tanam untuk menghijaukan kembali bekas lahan tambang, dibeli dari petani lokal,” imbuhnya.

 

Tidak hanya itu, pupuk organik yang digunakan untuk kesuburan tanaman, juga melalui pemberdayaan petani. Dan kata dia, tingkat kualitas juga bisa diandalkan, hanya saja butuh lebih ditingkatkan lagi.

 

Ditanyai terkait harga pupuk organik ia menjelaskan yakni dihitung perkilogramnya. “Harga pupuk organik yang dibeli dari petani yaitu dipatok sekitar 90.000/Kg,” sebutnya.

 

Selain itu, perihal tujuan pemberdayaan petani ini dimaksudkan untuk meningkatkan taraf perekonomiaan masyarakat setempat.

 

“Pemberdayaan petani ini tentunya tidak lain sebagai wujud komitmen kami berkontribusi terhadap masyarakat tentunya,” kuncinya. (Mimi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top