ANEKA

Kepala Bappeda Paparkan RKP Kolaka 2020


PAPARKAN PROGRAM. Kepala Bappeda Kolaka Sjamsul Kadar paparkan program pembangunan Kolaka 2020 dalam Musrembang Pemda Kolaka di Aula
Sasana Praja Pemda Kolaka, Kamis (28/3). (Foto: pil)

KOLAKA, UPEKS.co.id—-Kepala Bappeda Kab Kolaka H Sjamsul Kadar memaparkan Rencana Kerja dan Prioritas Pembangunan Kab Kolaka tahun 2020,  berlangsung di aula Pemda Kolaka, Kamis (28/3/19).

Kepala Bappeda Sjamsul paparkan bagaimana agar program Pemda Kolaka dalam melakukan pengentasan kemiskinan, melalui bantuan jaminan hidup bagi  lanjut usia tak berdaya, pengentasan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat melalui bantuan modal bagi UMKM petani dan nelayan, dan  mengoptimalkan Balai Latihan Kerja(BLK).

Selanjutnya dalam hal pembangunan infrastruktur wilayah dan pemukiman, yakni pembangunan jalan alternatif yang menghubungkan mulai dari tunggu 19  November dengan jalan Bypass, hingga sampai jalan Cakalang samping Castel Dawi-Dawi Pomalaa.

Hosting Unlimited Indonesia

“Jalan alternatif ini menghubungkan mulai dari Terminal Larumbalangi dengan Terminal Pomalaa, Pelabuhan Pelni dan bandara Sangia Nibandera Tanggetada,  dengan anggaran APBD Kabupaten, Provinsi Sultra dan APBN. Kita inginkan Pomalaa ini jadi kota kedua setelah Kolaka,”papar Kadar.

Selanjutnya kata Kadar dalam peningkatan produktifitas padi sawah dari 4,5 ton perhektare ditingkatkan menjadi 9 ton perhektare.
“Dalam hal peningkatan produktifitas padi sawah daro 4,5 ton ditingkatkan menjadi 9 ton setiap hektare,”ujar Kepala Bappeda.

Dalam hal tata kelola pemseintahan dan reformasi birokrasi dengan penerapan sistim pemerintahan berbasis elektronik, serya peningkatan kualitas SDM ASN  melalui pendidikan pelatihan. Dalam pembangunan SDM melalui pemberian beasiswa sampai ke jenjang pergirian tinggi.

Begitupun dalam hal pelayanan  kesehatan masyarakat melalui akreditasi setiap puskesmas dan pemanfaatan rumah sakit yang baru sedang berjalan pembangunannya.

Demikian dipaparkan Kepala Bappeda Sjamsul Kadar dalam acara Musrembang Kab Kolaka dalam rangka penyusunan tahun 2020 dengan tema peningkatan  kualitas dan pemerataan pembangunan untuk mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia(SDM).

Dihadiri Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin, Parmin Dasir, Kepala Bappeda Provinsi, mantan Bupati Kolaka H Andi Pangerang Umar, Forkopimda, jajaran  Kepala OPD Pemda Kolaka, Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kab Kolaka.(pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top